Kantor Bahasa Gelar Lomba Enggano Menulis

Karyono

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kantor Bahasa Bengkulu menggelar literasi di kawasan daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) tepatnya dilaksanakan di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Dengan mengangkat tema “Enggano menulis” Kegiatan itu sengaja digalakkan agar tidak ada diskriminasi pemberian pembinaan pada tenaga pendidik dan menggerakkan literasi. Dengan sasaran minat baca warga setempat. Kegiatan Enggano menulis ini berlangsung pada Sabtu (28/9), di halaman SMP Apoho Enggano.

“Tim panitia pukul 15.00 wib sudah bergerak ke pulau Enggano dengan menggunakan kapal laut, ” terang Kepala Kantor Bahasa Bengkulu, Karyono SPd MHum pada BE, kemarin (26/9).

Dibeberkan Karyono, kegiatan Enggano Menulis tersebut, melibatkan sekitar 200 peserta mulai dari siswa SD, SMP, SMA, guru,sastrawan , pegiat literasi, masyarakat adat, pejabat muspika, TNI, Polisi, masyarakat umum.

Kegiatan Enggano Menulis dibagi 4 kategori, untuk SD menulis puisi, SMP menulis cerpen, SMA menulis Cerita Rakyat Enggano. Khusus untuk umum, baik itu dari kalangan guru, TNI,Polri, Bhayangkari, Persit Kartika Candra Kirana, sastrawan, pegiat literasi, masyarakat adat digelarl menulis surat terbuka untuk Gubernur Bengkulu.



Lomba menulis surat terbuka yang dibuka untuk umum ini diharapkan mampu mencurahkan apa kata hati dan memberikan semangat pada peserta untuk mengungkapkan sesuatu yang disampaikan ke gubernur Bengkulu.

Menulis terbuka ini sebagai bentuk demokrasi dalam menyampaikan unge-uneg pada pemerintah. “Untuk menulis surat dengan catatan khusus tidak mengandung SARA. Isinya harapan warga masyarakat Enggano kedepan, ” katanya. Dengan kegiatan seperti ini, Karyono mengajak masyarakat Enggano, agar rajin dan sering membaca, karena dengan membaca kita menjadi pintar. (247)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*