Kantor Bahasa Galakkan Diseminasi Literasi Nasional

endang/Bengkulu Ekspress Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Perbukuan Kemdikbud membuka Diseminasi gerakan literasi nasional di Bengkulu, yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Bengkulu.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Ratusan peserta dari berbagai latar belakang pengiat literasi di Kota Bengkulu mengikuti Diseminasi gerakan literasi nasional di Bengkulu, yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Bengkulu.  Kegiatan yang dipusatkan di hotel Nala Sea Side, pantai panjang Bengkulu, dibuka oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Bengkulu, Drs Budiman Ismaun M.Pd.

Dikatakan Budiman, kegiatan seperti ini diharapkan mampu memberikan pengertian dan pemahaman komprehensif bagi seluruh penggiat terutama para guru, dengan begitu literasi dapat terwujud sesuai dengan harapan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. ” Ini tugas berat bagi kita untuk terus mengsosialisasikan Gerakan literasi, dan mengajak generasi milenial untuk terus cinta bahasa Indonesia, “terangnya.

Para peserta tampak antusias mendengarkan materi yang dipaparkan Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,Hurip Danu Ismadi, dan Dr. Agus Trianto dari Tim penyusunan Penjenjangan Baku Kemendikbud bertindak sebagai penyaji. Para peserta diberikan waktu untuk berdiskusi dan dibuka ruang tanya jawab kepada narasmber.

” Kegiatan ini untuk mengsosialisasikan gerakan literasi nasional, sehingga menciptakan ekosistem yang berbudaya baca tulis para generasi milenal, ” katanya.

Dikatakanya, literasi tidak hanya terpaku pada baca tulis, pasalnya di era digitalisasi ini maka diperlukan juga literasi digital sehingga menjadi media yang menyenangkan. Sementara itu kepala kantor bahasa Bengkulu, Karyono S.Pd menuturkan gerakan literasi nasional diikuti ratusan peserta, mulai dari kalangan guru, komunitas literasi, mahasiswa, dan banyak lagi.

Dikatakanya, diseminasi gerakan literasi merupakan program nasional dari kementerian pendidikan dan kebudayaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bahasa dan budaya membaca menulis, serta mengenalkan dan pemahaman tentang literasi bagi generasi muda, terutama dalam menghadapi kemajuan perkembangan teknologi digital saat ini. (247)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*