Kampanye Terbuka Maksimal 1000 Massa

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu mulai merancang masa kampanye bagi calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu.

Selain Untuk diketahui, seluruh atribut atau alat peraga kampanye (APK) Pilwakot ini sama seperti Pilgub Pilkada 2015 lalu, yakni akan disediakan KPU mulai dari umbul-umbul, spanduk, baliho, poster dan lainnya. Begitu juga dengan jumlah massa yang akan dibatasi 1000 orang. Dalam hal ini, KPU akan mengedepankan azas keadilan, sehingga tidak ada calon yang merasa dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi.

“Kalau untuk jumlah massa kampanye di kabupaten/kota paling banyak mengundang 1000 orang. Tetapi ada juga kampanye sifatnya terbatas, paling banyak melibatkan 250 orang,” kata Ketua KPU Kota, Darlinsyah, kemarin (17/1).

Selain itu, KPU juga tengah menentukan titik-titik mana saja yang diperbolehkan dijadikan tempat kampanye, pemasangan baliho, umbul-umbul dan sebagainya. Nantinya titik-titik kampanye ini akan tersebar mulai dari lingkungan kelurahan hingga kecamatan.

Selain itu, untuk spanduk atau gambar-gambar yang menampilkan pasangan calon ini hanya disediakan sebanyak 5 buah untuk masing-masing pasangan. Begitu juga dengan APK lainnya sehingga tidak ada pasangan calon yang terlalu menonjol, melainkan akan dibagi rata.

Namun, dalam penentuan titik kampanye tersebut pihaknya juga berpedoman terhadap aturan dan perundang-undangan yang berlaku, seperti tidak menaruh umbul-umbul atau spanduk di jalur hijau, trotoar, median jalan dan pepohonan, melainkan di tempat strategis tanpa melanggar aturan dan merusak pemandangan.

“Jadi, berdasarkan PKPU bahwa alat peraga kampanye harus difasilitasi oleh KPU melalui dana pemilu yang dianggarkan di dalam APBD. Hal ini untuk menjaga azas keadilan dan politik damai sehingga tidak ada calon yang protes nanti bahwa ada calon lain yang diletakkan di tempat strategis sementara dia tidak, nah ini yang sedang kita atur,” ungkap Darlin.

Hanya saja, untuk jatah anggaran APK masing-masing pasangan calon ini belum bisa ia sebutkan, tapi paling tidak diperkirakan ratusan juta yang nantinya akan dibagi rata. Oleh sebab itu, lanjut Darlinsyah, pihaknya sedang menyusun draft serta perlengkapan yang dibutuhkan, dan rancangan tersebut akan dikoordinasikan ke Sekretaris daerah serta bagian hukum pemkot untuk dikaji ulang.

“Termasuk yang akan menjaga APK itu adalah tim kampanye pasangan calon. Kalau seandainya baliho nya yang sudah kita pasang itu rusak dan sebagainya, maka menjadi kewajiban mereka untuk menjaganya,” pungkas Darlinsyah. (805)