Kamis, Koper CJH Harus Dikumpulkan

jamaah-haji
foto : IST

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Kantor Kementerian Agama (Kemanag) Kabupaten Lebong menunggu penyerahan koper seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Lebong yang berjumlah 107 koper, besok Kamis (11/07).  Sebelumnya semua koper calon CJH semuanya telah selesai dibagikan. Dimana setiap koper yang dibawa para jamaah maksimal seberat 32 kilogram. Sementara untuk tas jinjing yang dipegang CJH berat maksimalnya 7 kilogram.

Sebelumnya semua berbagai kegiatan atau persiapan bagi seluruh CJH telah dilakukan. Sehingga saat ini tinggal melakukan pengumpulan koper, pemberian vaksin kesehatan. Selain itu, nantinya akan dilaksanakan rapat terkait pemberangkatan para CJH yang kemungkinan besar nantinya akan dilepas langsung oleh Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSI. Dijadwalkan para CJH nantinya akan dilepas setelah dikumpulkan di Masjid Agung Sultan Abdullah.

Dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Haji Kemenag Kabupaten Lebong, Hj Yuliana AmaPd, penyerahan koper seluruh CJH memang telah dijadwalkan. Dari jadwal yang telah ditetapkan, maka koper sudah harus terkumpul semuanya sesuai dengan jadwal.“Pengumpulan telah kita sampaikan kepada seluruh calon agar mengumpulkan koper pada hari Kamis ini,” jelasnya, kemarin (09/07).

Setelah semua koper terkumpul, nantinya petugas dari Kemenag akan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh bawaan yang akan dibawa para CJH. Hal tersebut bertujuan untuk melihat apakah barang-barang yang tidak diperbolehkan masih dibawa oleh para CJH.

“Selama ini banyak barang dilarang, tetapi masih dibawa seperti paku, gunting, karter serta barang-barang lainnya,” ucapnya.

Setelah dipastikan seluruh barang CJH diperiksa dan tidak ada membawa barang yang dilarang, selanjutnya koper akan langsung dikirim ke asrama haji di Kota Bengkulu, untuk dikumpulkan bersama-samaan dengan koper CJH yang akan diberangkatkan bersamaan.“Sehari setelah koper selesai diperiksa, koper akan langsung kita kirim dan dilanjutkan pemberangkatan CJH,” ucapnya.

Karena pemberangkatan tidak lama lagi, Yuliana berpesan, kepada seluruh CJH untuk bisa menjaga kesehatan. Sehingga pada saat berangkat serta menjalankan rangkaian ibadah haji tidak ada masalah yang berarti.  “Apalagi cuaca di Makkah sangat berbeda d cuaca di Indonesia termasuk cuaca di Kabupaten Lebong yang cukup dingin,” tutur Yuliana.(614)