Kami Sangat Kehilangan Kiai Hasyim…

KH Hasyim Muzadi. Foto: dokumen JPNN.Com
KH Hasyim Muzadi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com – Wafatnya KH Hasyim Muzadi menyisakan duka mendalam bagi kalangan Nahdlataul Ulama (NU). Legislator yang juga tokoh muda NU, Maman Imanulhaq menyebut meninggalnya almarhum merupakan kehilangan besar.

“Kaum muda seperti kami sangat kehilangan Kiai Hasyim,” ujar Maman melalui pesan singkat, Kamis (16/3).

Ketua Lembaga Dakwah NU itu menambahkan, Kiai Hasyim merupakan sosok yang menginspirasi masyarakat dengan bahasa yang mudah dipahami. Warisan pentingnya adalah cara menjelaskan posisi Islam dalam kehidupan global dan peran para dai dalam membangun bangsa dan negara.

“Sosok yang punya kepedulian terhadap nasib kiai dan pesantren. Selain orator beliau adalah pendengar yang baik,” sambung Maman.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menambahkan, Kiai Hasyim juga sosok yang gigih dan tanpa kenal lelah meneguhkan kembali komitment Islam ahlussunah wal jamaah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Serta mensosialisasikan itu hingga ke luar negeri,” pungkas Maman yang juga politikus PKB itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, KH Hasyim Muzadi wafat sekitar pukul 06.15 WIB di Malang, Jawa Timur. Rencananya, jenazah almarhum akan dikebumikan Pondok Pesantren Al Hikam, Beji, Depok, Jawa Barat.(dna/JPG)