Kalahkan Wigan, Arsenal Tembus Tiga Besar

mikel-arteta-arsenalArsenal berhasil menembus tiga besar klasemen sementara Premier League usai mengalahkan Wigan 1-0  dalam lanjutan Premier League di DW Stadium, Sabtu (22/12). Mikel Arteta menjadi penentu kemenangan Arsenal, setelah sukses mengeksekusi finalti di menit ke-60.

Arsenal kini berada di peringkat tiga dengan 30 poin, tertinggal 12 angka dari Manchester United di puncak. Namun, posisi itu bisa tergeser jika Tottenham Hotspur dapat meraih kemenangan atas Stoke City beberapa jam lagi.

Kedua tim bermain dengan tempo cepat pada awal babak pertama. Arsenal memperoleh kesempatan lebih dulu berkat aksi Oxlade-Chamberlain pada menit kesembilan. Sayang, bola hasil tendangan kerasnya dalam kotak penalti masih dapat digagalkan kiper Ali Al Habsi.

Wigan bukan tanpa ancaman. Pada menit ke-23, Arouna Kone mendapatkan kesempatan emas setelah berhasil lolos offside dari penjagaan pemain belakang Arsenal. Namun, peluang itu gagal dimaksimalkan karena bola tendangannya masih melenceng ke kiri tiang gawang Arsenal.

Sepanjang babak pertama ini, Arsenal lebih mendominasi jalannya laga. Beberapa kali kombinasi Theo Walcott, Chamberlain dan Santi Cazorla menciptakan peluang berbahaya. Sementara, tim tuan rumah hanya mengandalkan serangan balik.

Hingga menit-menit akhir, Arsenal terus mencoba menekan tim tamu. Namun, rapatnya barisan pertahanan Wigan membuat sejumlah upaya yang dibangun Walcott dan kawan-kawan gagal.

Selepas turun minum, Arsenal mendapat kesempatan emas setelah wasit menunjuk titik putih karena Walcott dijatuhkan di kotak terlarang pada menit ke-59. Arteta yang menjadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mengubah skor menjadi 1-0 untuk The Gunners.

Tertinggal, Wigan kemudian meningkatkan serangan. Bahkan, tim asuhan Roberto Martínez mampu mendapat sejumlah memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Arsenal pun lebih banyak bertahan setelah gol pertama yang dicetak Arteta.

Peluang terbaik Wigan di babak ini dikreasi David Jones pada menit ke-73. Namun, kesempatan itu gagal berbuah gol karena kiper Wojciech Szczesny tampil gemilang saat menepis bola hasil tendangan keras Jones dari sisi kiri lapangan.

The Latics terus menekan Arsenal hingga menit-menit akhir laga. Namun, Per Mertesacker dan kawan-kawan tampil cukup disiplin sehingga sejumlah peluang tuan rumah tidak dapat dikonversikan menjadi gol. Laga pun ditutup dengan skor 1-0 untuk The Gunners.(**)