Kalahkan Uruguay 2-1, Brasil Melaju ke Final

brasil vs uruguay

Uruguay harus mengakui keperkasaan Brasil.  Kendati bermain dengan baik, namun Uruguay harus merelakan Brasil yang melaju ke babak final Piala Konfederasi.  Hal ini terjadi setelah Brasil mengalahkan Uruguay 2-1 pada babak semifinal di Stadion Governador Magalhaes Pinto, Kamis (27/6/2013) dini hari WIB. Gol kemenangan Brasil dicetak Paulinho. Satu gol lagi disumbangkan Fred, sedangkan gol Uruguay dicetak Edinson Cavani.

Pada menit-menit awal, pertandingan sempat berjalan agak datar karena kedua tim tampil cenderung berhati-hati. Kedua tim bahkan terkesan sering kesulitan mengembangkan permainan.

Uruguay mendapat peluang unggul lebih dulu, setelah pada menit ke-12 David Luiz melakukan pelanggaran di kotak penalti yang membuat wasit menunjuk titik putih. Sayangnya, hadiah penalti ini gagal dimanfaatkan Uruguay. Diego Forlan, yang mendapat tugas mengeksekusi, tak mampu menaklukkan kiper Julio Cesar. Bola tendangannya mampu ditepis Cesar dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Brasil kemudian mencoba bangkit. Pada menit ke-27, Fred nyaris membawa Brasil unggul melalui kerja sama satu-dua dengan Neymar. Sayang, penyelesaian akhir yang buruk membuat bola tendangannya melambung di atas gawang Muslera.

Fred akhirnya membayar kesalahannya dan membawa Brasil unggul pada menit ke-40. Awalnya, Neymar mendapat umpan jarak jauh dan langsung mengontrol bola dengan dada, kemudian menendangnya ke gawang Muslera. Meski sempat ditepis, bola memantul ke kaki Fred yang segera menendang ke arah sudut kanan gawang. Gol Fred ini yang membuat Brasil unggul 1-0 sampai babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Uruguay langsung menggebrak dan akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-48. Berawal dari kemelut di depan gawang Brasil, Cavani memanfaatkan bola liar untuk menaklukkan Julio Cesar dengan tendangan kaki kirinya.

Gol Cavani terbukti meningkatkan tempo pertandingan. Kedua tim pun bergantian menciptakan peluang. Luis Suarez hampir mengubah kedudukan lewat sundulannya. Namun, Julio Cesar kembali menyelamatkan Brasil dari kebobolan. Brasil ganti mengancam, kembali lewat kerja sama Neymar dan Fred. Namun, tembakan Fred hanya membentur mistar.

Brasil akhirnya unggul 2-1 pada menit ke-86 melalui gol sundulan Paulinho yang memanfaatkan tendangan sudut. Tertinggal, Uruguay berusaha membalas dengan sejumlah peluang di daerah kotak penalti tuan rumah. Namun, tambahan waktu tiga menit tak cukup untuk Suarez dkk membalikkan keadaan. Skor 2-1 untuk kemenangan Brasil bertahan sampai akhir pertandingan dan mengantarkan mereka ke babak final.

Di babak final nanti, Brasil akan menghadapi pemenang antara Spanyol dan Italia.

Susunan pemain
Uruguay: 1-Fernando Muslera, 16-Maxi Pereira, 2-Diego Lugano, 3-Diego Godin, 22-Martin Caceres, 17-Egidio Arevalo, 20-Alvaro Gonzalez (5-Walter Gargano, 83), 7-Cristian Rodriguez, 10-Diego Forlan, 21-Edinson Cavani, 9-Luis Suarez

Brasil: 12-Julio Cesar, 2-Dani Dani Alves, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 6-Marcelo, 9-Fred, 10-Neymar (13-Dante, 91), 11-Oscar (8 Hernanes, 73), 17-Luiz Gustavo, 18-Paulinho, 19-Hulk (20-Bernard, 64)