Kalahkan Messi dan Ribery, Ronaldo Raih Ballon d’Or

074808_139736_cristiano_ronaldo_terbaik_gettyMUNCHEN—Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo akhirnya keluar sebagai peraih penghargaan Ballon d’Or . Pemain tim nasional Portugal ini berhasil menyisihkan bomber Barcelona, Lionel Messi dan winger Bayern Munchen, Franck Ribery yang masuk dalam nominasi  perebutan pemain terbaik.

‘’ Saya harus berterimakasih kepada seluruh rekan setim saya di klub Real Madrid dan tim nasional,’’ ujar Ronaldo usai menerima penghargaan di Zurich, Swiss, Senin (13/1) seperti dikutip dari Sky Sports.

‘’Tanpa usaha mereka ini tidak akan mungkin. Saya sangat gembira. Saya harus berterimakasih pada semua semua orang yang telah terlibat dengan saya. Ini adalah saat yang sangat emosional,’’ tambah mantan pemain Manchester United tersebut.

Sepanjang tahun 2013 silam Ronaldo berhasil menyarangkan 69 gol dari  59 laga baik untuk Madrid maupun tim nasional.  Secara tim prestasinya sepanjang tahun lalu sebenarnya tidak terlalu mencolok. Yang terbesar hanya berhasil meloloskan Portugal ke Piala Dunia Brazil 2014.

Sedangkan pesaingnya Franck Ribery yang tidak banyak mencetak gol mampu membawa Munchen meraih treble winner tahun lalu. Termasuk juga meloloskan Prancis ke Piala Dunia.

Sementara Lionel Messi berhasil membawa Barcelona keluar sebagai juara La Liga serta membawa Argentina ke Piala Dunia. Nama Messi sempat turun karena cedera yang menderanya sejak November silam. Ia, baru kembali bermain bersama Barca beberapa hari lalu.

Dari ajang yang sama mantan pelatih Munchen, Jupp Heynckes, terpilih sebagai Coach of The Year. Sementara untuk katagori pemain wanita terbaik diraih oleh Nadine Angerer. Penjaga gawang asal Jerman ini meraih Fifa Women’s World Player of The Year atas prestasinya di tim nasional maupun klub Brisbane Roar, Australia yang kini ia bela. (zul/jpnn)