Kalahkan Barcelona, Celtic Runner Up Grup G

Celtic mampu meredam dan memaksa tim Barcelona pulang dari Celtic Park dengan wajah tertunduk karena kalah 2-1.  Dengan kemenangan tersebut, Celtic berhak menjadi runner up Grup G Liga Champions.  Sementara Barcelona tetap menguasai klasemen dengan nilai 9..

Gol pertama Celtic merupakan hasil kreasi Victor Wanyama pada menit ke-21. Usai lolos dari kawalan Jordi Alba, Wanyama menyundul bola umpan Charlie Mulgrew dan masuk ke sudut kanan atas gawang Victor Valdes.

Celtic memperbesar jarak, setelah Tony Watt  menambah keunggulan tim tuan rumah menjadi 2-0 pada menit ke-83. Ia mendapatkan bola yang lepas dari penguasaan Xavi, selanjutnya Tony Watt berlari menggiring bola masuk benteng Barcelona. Dengan satu gerak tipu ia kemudian menaklukkan Valdes dengan tendangan kanan dari tengah kotak penalti.

Barcelona memperkecil kekalahan melalui gol Lionel Messi pada menit ke-90+1. Messi membobol gawang tuan rumah dengan tembakan dari tengah kotak penalti usai mendapat muntahan tendangan silang Pedro yang ditepis Forster.

Barcelona mendominasi pertandingan. Banyak juga serangan mereka berakhir dengan eksekusi. Namun, nasib baik tampaknya belum menaungi mereka.  Menurut catatan UEFA, Barcelona menguasai bola sebanyak 67 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 20 usaha. Sedang tuan rumah melepaskan tiga tembakan akurat dari lima percobaan.(**)