Kalah dari Thailand, Singapura Menangkan Piala AFF ke-4

singapura juaraThailand mampu menang 1-0 atas Singapura.  Namun, pemenang Piala AFF adalah Singapura.   Pasalnya, skuad asuhan pelatih Radojko Avramovic tersebut meraih juara dengan unggul agregat 3-2. Maklum saja pada leg pertama, Singapura berhasil mengalahkan Thailand 3-1.

Kemenangan tersebut, Singapura sukses menorehkan gelar keempat Piala AFF  di Stadion Supachalasai, Sabtu (22/12).

Gol semata wayang Thailand dicetak Kirati Keawsombut pada babak menit ke-45.   Thailand membutuhkan dua gol untuk memenangkan turnamen ini, langsung menekan Singapura pada menit-menit awal babak pertama. Akan tetapi, pertahanan tim tamu tampil sangat displin, sehingga membuat usaha Teerasil Dangda kerap sia-sia.

Namun, pada injury time, Kirati Keawsombut berhasil membuat asa peluang juara Thailand terbuka lebar setelah berhasil mencetak gol pada menit ke-45. Gol tersebut ditorehkannya memanfaatkan umpan tendangan pojok Datsakorn Thonglao.

Selepas turun minum, Thailang terus melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Singapura. Kirati kembali mendapatkan kesempatan pada menit ke-67, namun usahanya belum membuahkan hasil karena bola tendangannya hanya melayang tipis di atas mistar gawang.

Pelatih Thailand, Winfried Schafer pun melakukan sejumlah pergantian untuk menambah daya gedor skuadnya. Tuan rumah mengubah pola dengan melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti.

Pada menit-menit akhir Thailand mulai frustasi. Apalagi, Singapura tampil dengan semangat tinggi untuk menjaga gawangnya tidak kebobolan. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 untuk Thailand tidak berubah dan Singapura langsung berpesta karena keluar sebagai kampiun Piala AFF tahun ini. The Liones pun mencatatkan diri sebagai tim pertama yang memenangi empat trofi bergengsi turnamen Asia Tenggara tersebut.(**)