Kalah 1-0 dari Blackburn, Arsenal Tersingkir dari Piala FA

arsenal-artetaPerjalanan Arsenal di Piala FA musim ini ternyata cuma sampai babak kelima saja. The Gunners tersingkir setelah secara mengejutkan kalah dari Blackburn Rovers dengan skor 0-1.

Menjamu Blackburn di Emirates Stadium, Sabtu (16/2/2013) malam WIB, Arsenal sebenarnya sangat dominan. Mereka membuat 26 percobaan mencetak gol dan 12 di antaranya tepat sasaran. Sementara itu, Blackburn cuma membalasnya dengan enam tembakan dan tiga mengarah ke gawang.

Tapi, statistik tersebut jadi tak terlalu berarti karena Arsenal tak bisa membuat satu pun gol. Justru Blackburn yang lebih banyak tertekan bisa mencuri satu gol lewat kaki Colin Kazim-Richards di babak kedua.

Tersingkir di Piala FA membuat Arsenal tinggal punya Liga Champions sebagai satu-satunya harapan untuk mengakhiri puasa gelar. Pasalnya, di liga mereka juga sudah tertinggal sangat jauh dari Manchester United.

Jalannya Pertandingan

Blackburn mendapatkan peluang pada menit-menit awal. Berawal dari tendangan bebas Morten Gamst Pedersen, Marcus Olsson melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tapi masih melenceng.

Arsenal nyaris unggul pada menit ke-24. Sundulan Abou Diaby meneruskan sepak pojok Tomas Rosicky mengarah tepat ke gawang, tapi bola bisa diblok kiper Blackburn, Jake Kean.

Gervinho menyia-nyiakan peluang emas yang dia peroleh pada menit ke-43. Menerima umpan terobosan dari Rosicky, penyerang asal Pantai Gading itu sebenarnya tinggal menghadapi Kean. Tapi, penyelesaiannya malah melebar.

Peluang terakhir di babak pertama jadi milik Arsenal. Namun, tendangan bebas Mikel Arteta mengarah tepat ke pelukan Kean.

Di awal babak kedua, Olivier Giroud memiliki kesempatan untuk membawa Arsenal unggul. Tapi, sundulannya meneruskan sebuah sepak pojok mudah diantisipasi oleh Kean.

Memasuki menit ke-56, Diaby menjajal peruntungannya lewat tendangan diagonal dari luar kotak penalti. Tapi, arah bola masih melebar.

Rosicky hampir saja mencetak gol pada menit ke-67. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tak bisa dijangkau oleh Kean, tapi masih digagalkan mistar.

Blackburn yang lebih banyak bertahan malah bisa unggul lima menit kemudian. Berawal dari tembakan Martin Olsson yang diblok Wojciech Szczesny, Kazim-Richards menyambar bola rebound. Tembakan Kazim-Richards sempat memantul tanah sebelum menembus pojok gawang Arsenal.

Arsenal berusaha mengejar di sisa waktu. Tapi, sundulan Giroud masih melambung, sementara tendangan Nacho Monreal dari luar kotak penalti masih menyamping.

Di menit ke-87, usaha Diaby untuk menyamakan skor juga tak membuahkan hasil. Tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti dimentahkan oleh Kean.

Kean membuat penyelamatan gemilang pada menit berikutnya. Dia menangkap dengan sempurna bola hasil sundulan Theo Walcott.

Arteta punya peluang emas di masa injury time. Namun, tendangannya cuma menerpa sisi luar jala gawang Blackburn.(**)

Susunan Pemain
Arsenal: Szczesny, Coquelin, Vermaelen, Koscielny, Monreal, Diaby, Rosicky (Wilshere 71′), Arteta, Gervinho (Walcott 71′), Oxlade-Chamberlain (Cazorla 71′), Giroud

Blackburn: Kean, Orr, Dann, Hanley, Martin Olsson, Pedersen, Williamson, Lowe, Marcus Olsson (Bentley 64′), Kazim-Richards, Rhodes (Goodwillie 83′)