Kakanwil Kemenkumham Bengkulu Resmikan SAE Lapas Kelas IIB Arga Makmur

APRIZAL/BE
Kakanwil Kemenkumham Bengkulu Imam Jauhari dan Wakil Bupati BU Arie Septia Adinata SE MAP memotong pita bertandanya SAE Lapas Kelas II B Arga Makmur diresmikan, Rabu (28/4)

ARGA MAKMUR, BE – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bengkulu, Drs Imam Jauhari meresmikan secara langsung Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Arga Makmur, Rabu sore (28/4).

Saat ditemui BE usai persemian tersebut, Kakanwil Kemenkumham Iman Jauhari mangatakan bahwa sarana asimilasi dan esdukasi atau SAE ini adalah sebagai salah satu media dalam mempersiapkan diri bagi warga binaan sebelum kembali ditengah masyarakat. Melalui inovasi yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIB Arga Makmur tersebut, diharapkan mampu menjadi sarana pembekalan bagi warga binaan, sebelum kembali ke tengah-tengah masyarakat.

APRIZAL/BE Kakanwil Kemenkumham Bengkulu Imam Jauhari dan Wakil Bupati BU Arie Septia Adinata SE MAP memotong pita bertandanya SAE Lapas Kelas II B Arga Makmur diresmikan, Rabu (28/4)

“Ini merupakan upaya kita untuk mendidik warga binaan, dalam proses asimilasi sebelum mereka keluar, dan kembali ke masyarakat,” kata Imam Jauhari.

Imam Jauhari juga menambahkan, bahwa program SAE ini dalam rangka mendukung program revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan bagi narapidana yang terampil, produktif dan bersertifikat untuk mewujudkan produktivitas narapidana menuju manusia yang mandiri dan berdayaguna. Untuk diketahui dalam kegiatan pembinaan kemandirian ini, Lapas Kelas IIB Arga Makmur ditunjuk sebagai Lapas Produktif atau Lapas yang bisa menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dimana Lapas Kelas IIB Arga Makmur dalam PNBP-nya telah melampaui target yang telah ditetapkan dan ini menjadi satu nilai dan prestasi yang positif bagi Lapas Arga Makmur sendiri.

“Ini sangat patut diapresiasi dimana kegiatan pembinaan kemandirian, PNBP di Lapas Arga Makmur melampaui target, dimana target hanya Rp 10 juta tapi yang dihasilkan mencapai Rp 14 juta lebih. Dengan telah diresmikannya SAE ini, Lapas Kelas IIB Arga Makmur menjadikan Lapas produktif yang ada di Provinsi Bengkulu,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati BU Arie Septia Adinata SE MAP yang juga ikut meresmikan SAE Lapas Kelas IIB Arga Makmur sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Lapas Kelas IIB Arga Makmur. Dimana telah mampu bersinergitas kepada pihak pemerintah daerah kabupaten BU untuk melakukan inovasi dalam memberikan kegiatan pembinaan kemandirian bagi warga binaan. Menurutnya potensi yang dimiliki oleh warga binaan tersebut harus terus dikembangkan. Hal itu bertujuan agar, pada saat warga binaan kembali ke masyarAkat bisa lebih mandiri, atau bahkan membuka lapangan pekerjaan.

“Kita selaku pemerintah daerah siap untuk berkolaborasi dalam memajukan inovasi yang telah dilakukan oleh Lapas Kelas II arga Makmur. Semoga dengan SAE yang dimiliki oleh Lapas Arga Makmur dapat terus berkembang kedepannya,” tandasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*