Kajari Gadungan Peras Pejabat Kota

RATU SAMBAN, BE – Modus penipuan dengan mengaku sebagai aparat penegak hukum masih saja terjadi. Kali ini Kajari Bengkulu, H Suryanto SH namanya dicatut oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Ketegasan pria asal Yogyakarta ini dalam menangani beberapa kasus penting dengan menyeret beberapa para pejabat di Kota Bengkulu dianggap sebagai jurus ampuh untuk mengeruk keuntungan.

Dirut PDAM Tirta Dharma, Ichsan Ramli SE nyaris saja menjadi korban penipuan tersebut. Oknum Kajari gadungan itu, meminta uang sebesar Rp 50 juta. Pelaku mengatakan uang itu untuk mengamankan kasus. Bahkan untuk menyakinkan korbanya, pelaku mengaku juga menangani kasus-kasus lain yang menyeret sejumlah pejabat lainnya.

Terkait persoalan ini, Kajari Bengkulu, H Suryanto SH, menegaskan dirinya tidak pernah melakukan hal tersebut. Bahkan informasi mengenai Kajari gadungan tersebut, sudah didapatkannya. Bahkan iapun pernah melakukan penjebakan, namun nampaknya Kajari gadungan tersebut mengetahui kalau sedang dijebak.

“Berulang kali nama saya dicatut oleh oknum tak bertanggung jawab. Untungnya beberapa calon korban langsung menghubungi saya untuk mengkonfirmasi kebenaran permintaan uang tersebut,” kata Suryanto.

Dilanjutkannya, masyarakat diminta untuk mewaspadai ulah Kajari gadungan tersebut. Selain itu aparat kepolisian diminta untuk menyelidiki dari mana keberadaan sang penelpon yang meminta sejumlah uang kepada calon korban. sehingga membuat citra buruk namak korps Adhiaksa tersebut. “Penjebakan sudah pernah kita lakukan, agar bisa bertemu langsung. Namun pelaku tidak ingin bertemu, dan tetap meminta agar uang yang diminta bisa ditransfer ke rekening pelaku,” demikian Suryanto. (160)