Kain Basurek Jadi Tanda Ikatan Dalam IVLP di Amerika

FOTO/IST – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi SP memperkenalkan Kain Besurek di Negeri Paman Sam (Amerika).

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Kain Basurek yang merupakan salah satu jenis batik khas Bengkulu, ditetapkan sebagai tanda ikatan Provinsi Bengkulu dalam International Visitor Leadership Program (IVLP) di Washington DC. Hal itu lantaran pada momen tersebut, anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi, SP, MM memperkenalkan sekaligus mengkampanyekan kain Basurek dalam kegiatanya tersebut.

“Saya tidak menyangka, setelah diperkenalkan dan dikampanyekan dalam kegiatan IVLP di Washington DC, kain Basurek malah ditetapkan menjadi tanda ikatan antara Bengkulu dengan Bureu of Education and Cultural US, dan Proffesor of Public Policy,” ungkap Jonaidi via Whatsapp, Selasa (22/10).

Menurut Jonaidi yang saat ini tengah berada di Amerika Serikat (AS) memenuhi undangan untuk mengikuti IVLP, lantaran telah ditetapkan menjadi tanda ikatan, kain Basurek juga bakal diperkenalkan dan dikampanyekan ke beberapa negara bagian. Terutama negara-negara yang juga turut diundang dalam kunjungan IVLP.

“Sejak awal dalam momen ini, saya memang berniat memperkenalkan Bengkulu. Sehingga nantinya Bengkulu bisa semakin dikenal, didunia internasional,” ujar Jonaidi yang merupakan salah satu perwakilan dari Indonesia bersama 5 orang lain, yang diundang IVLP dari Duta Besar negeri Paman Syam.

Sementara itu, Gaede From Bureu of Departement of State, Mr. Gregory menyampaikan, kain Basurek memiliki keunikan yang berbeda dari batik-batik yang pernah ditemuinya.

“Masih ada waktu 19 hari lagi kegiatan IVLP ini. Jadi kita bantu perkenalkan dan mengkampanyekannya pada dunia,” tutup Gregory dalam rekeman suara yang dikirim Jonaidi. (HBN)