Kadistan Kabupaten Kaur Minta Petani  Tanam Palawija

Nasrul Rahman
Nasrul Rahman

BINTUHAN,BE – Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Kaur Nasrul Rahman SHut MSi mengimbau petani untuk siaga menghadapi musim kemarau. Salah satunya dengan menanam tanaman yang tidak membutuhkan banyak air, seperti palawija dan lainnya. Langkah ini guna mengurangi gagal panen akibat kekeringan.

“Dengan menanam palawijaya, petani dapat memaksimalkan hasil panen tanamannya. Selain itu, tanah yang telah ditanami palawija lebih bagus,” kata Nasrul kepada BE.

Dikatakan Nasrul, dalam menghadapi musim kemarau ini. Ia berharap agar petani bisa mensiasati musim tanam kali dengan tidak serempak menanam padi. Menurutnya, menanam palawija juga bisa memberikan keuntungan yang tidak kalah besar dengan padi. Bahkan mungkin bisa melebihi keuntungan dari menanam padi.

“Kalau bisa musim tanam para petani mengalihfungsikan lahan garapannya untuk tanaman palawija,” ujarnya.
Ditambahkannya, menanam palawija dan hortikultura karena tidak membutuhkan banyak air jika dibandingkan dengan tanaman padi. Tanaman yang dianjurkan seperti jagung, singkong, kacang hijau, wortel, talas, kacang panjang, dan umbi-umbian.

“Kita juga minta petani memaksimalkan pompa air yang sudah didistribusikan sebelumnya terutama di persawahan yang mengalami kekurangan air, karena kini sebagian sawah mulai kering,” jelasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*