Kadisdik Kota Bengkulu Finalis Pemantun Mutiara Budaya Indonesia

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Dra Rosmayetti MM

BENGKULU, BE – Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Dra Rosmayetti MM, berhasil lolos sebagai finalis dalam membuat karya pantun kehormatan dalam bidang kebudayaan. Dia berhasil lolos sebagai finalis bersama 13 rekan pemantun asal Bengkulu lainnya.

Ketua Dewan Kesenian Kota Bengkulu Ajalon Tarmizi saat dihubungi BE via telepon menuturkan, ada 14 orang pemantun asal Bengkulu yang berhasil lolos pembuatan Pantun Mutiara Budaya Indonesia gagasan Rumah Seni Asnur. Dua diantaranya, pantun kehormatan yang dibuat dirinya dan satu lagi diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Rosmayeti.

Karya pantun tersebut bakal diterbitkan ke dalam buku Pantun Mutiara Budaya Indonesia dan dilaunching pada akhir Desember mendatang.

Diceritakan Ajalon Tarmizi, lomba pantun dan rencana penerbitan buku pantun mutiara budaya Indonesia merupakan kali pertama diadakan di Indonesia. Dengan menggandeng pemantun kerhormataan seperti, wali kota, gubernur, sekda, legislatif, dan kepala Dinas dari daerah-daerah di Indonesia.

Tujuanya untuk mengangkat budaya daerah, sehingga pantun yang disajikan mengenalkan kekayaan baik budaya, wisata, kuliner.

“Alhamdulillah, ada 14 orang pemantun dan pemantun kehormatan dari Bengkulu berhasil lolos dan masuk dalam penerbitan karya buku pantun Mutiara Budaya Indonesia tersebut,” ujarnya.

Ajalon tak menyangka karyanya bisa masuk nominasi. Pasalnya, pembuatan pantun yang dikolaburasikan dengan pembuatan video penunjang hanya dipersiapkan singkat pada tiga bulan lalu. Pembuatan pantun harus memenuhi persyaratan seperti sajak AB-AB, memiliki rima yang sama awal dan akhir, serta bernuansa promosi daerah.

“Pantun yang dibuat berupa pantai, wisata danau dendam, budaya tari, serta kain Batik Besurek dan kuliner, “.
Hasil karya dibuat dalam bentuk video, disertai dengan latar belakang pantun yang ditulis, video di unggah melalui laman yang ditentukan.

Ia berharap dengan masuknya karya pantunya dalam buku pantun mutiara budaya Indonesia, diharapkan generasi muda bisa mecintai budaya sendiri dan budaya Bengkulu dikenal lagi. (247)

Pemantun asal Bengkulu Masuk NOminasi Finalis Pantun Mutiara Budaya Indonesia

1.Dra. Rosmayetti M.M (Kadisdik Kota Bengkulu sebagai Pemantun Kehormatan Kota Bengkulu
2.Ajalon Tarmizi (Ketua DKS Bengkulu) sebagai Pemantun Kehormatan
3. Elvah
4. Kasiati
5. Kusnin asal Mukomuko
6. Ida Suryani asal Kota Bengkulu
7. RR. Sri Wulandari
8. R. Novalia Nurcahyani asal MukoMuko
9. Betti Octryani asal Kota Bengkulu
10. Suyati asal Bengkulu Utara
11. Tarmizi asal Kota Bengkulu
12. Yanti Harneli
13. Yuliartini
14. Yulyam Farida asal Bengkulu Utara

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*