Kadis PU dan Dikbud Segera Ditunjuk

BENGKULU, BE – Pelaksana tugas Sekretaris Kota (Sekkot) Bengkulu, Drs H Fachruddin Siregar MM, memastikan bahwa Pemerintah Kota akan segera menunjuk pejabat definitif untuk mengisi pos-pos jabatan yang kosong.  Namun untuk sementara waktu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota akan diisi oleh Pelaksanatugas (Plt).

Fachruddin menjelaskan, Kepala Diknas Dikbud Kota sementara waktu dijabat oleh Rosmayeti MPd. Sementara Kepala PU Kota sementara waktu dijabat oleh Ir Nuryansyah. Mereka berdua diminta untuk tetap menangani persoalan sehari-hari pada dua instansi tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Kami optimis pelayanan tidak akan terganggu. Sementara pejabat definitifnya masih kita kaji. Kita tidak bisa merumuskan dalam waktu cepat karena dua lembaga itu memiliki peran yang vital di pemerintahan,” ucap Fachruddin.

Ia menampik bahwa lepasnya jabatan Kepala Dinas PU Kota lantaran adanya ketidakcocokkan antara Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE MM dengan Ir H Darmawansyah MT. Ia menyampaikan, Darmawansyah telah mengajukan permohonan ini kepada Pemerintah Kota dengan alasan ingin kembali ke instansi lamanya.

“Kita sudah punya komitmen untuk bekerja dengan baik. Tidak ada alasan yang aneh-aneh. Beliau hanya ingin kembali melaksanakan tugas pada instansi lamanya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE MM melakukan perombakan pada sebagian besar pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bengkulu. Dalam perombakan ini, Eks Calon Wakil Bupati Kepahiang tahun 2010, Bintaro Djojo ST MM, dilantik sebagai Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bengkulu. Disamping itu, 8 pejabat ditempatkan sebagai fungsional umum atau non job, 7 pejabat mendapat promosi, 7 orang mengalami rotasi.

Helmi berharap kepada seluruh pejabat yang dilantik untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. Menurutnya, hal yang terpenting untuk dilakukan saat ini adalah bagaimana mempertahankan raihan Piala Adipura, Penghargaan Swasti Saba Padapa, Wahana Tata Nugraha dan penghargaan-penghargaan lainnya yang berhasil direnggut pada tahun lalu.

Uniknya, meski telah melakukan perombakan, namun Pemerintah Kota Bengkulu tetap membiarkan beberapa pos jabatan dalam keadaan kosong. Diantaranya posisi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota serta Kepala Pekerjaan Umum (PU) Kota. (009)