Kadis Dukcapil Kota Bengkulu Pensiun, Pemkot Bengkulu Tunjuk Plt

Sudarto

BENGKULU, BE – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu Sudarto WS MSi terhitung 1 Agustus telah memasuki masa pensiun. Dalam hal ini, terjadi kekosongan pada jabatan kadis Dukcapil. Untuk sementara Pemerintah Kota Bengkulu, menunjuk Pelaksana tugas (plt) menggantikan posisi Sudarto.

“Ya, karena memasuki masa pensiun pak Sudarto, maka mengantisipasi¬† kekosongan, kita tunjuk Plt dan sudah dilakukan, kalau tidak berubah Insya Allah Pak Nopri Andriyanto,” kata Plt Kadis Kominfo Kota Bengkulu, Eko Agusrianto, kemarin (31/7).

Diketahui, Sudarto sudah menjabat sebagai kadis dukcapil selama 4 tahun. Selama menjabat sudah banyak terobosan yang dilakukan, seperti pengantaran akta kelahiran dan akta kematian langsung ke alamat warga, kemudian perekaman E-KTP keliling dengan menyasar ke sekolah. Kemudian, inovasi pelayanan Administrasi kependudukan secara online dan lain-lain.  Sedangkan, Nopri Andriyanto saat ini menjadi sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Dukcapil Kota Bengkulu, dan sesuai dengan penunjukkan sebagai Plt maka terhitung Agustus hingga seterusnya diberikan kewenangan untuk menjalankan tugas dan fungsi kepala Dukcapil kota.

“Sudah kita koordinasikan ke pusat, maka pelaksanaan pelayanan di kantor Dukcapil insyallah
tetap berjalan optimal,” ungkapnya.

Menginggat Dukcapil merupakan instansi vertikal, maka penetapan Jabatan Kepala Dinas Dukcapil definitif/tetap, Pemkot hanya menunggu keputusan dari Dirjen Dukcapil saja. Karena, pemkot tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pergantian jabatan instansi vertikal. (805)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*