Kades Tanjung Raman Akui Kesalahan

Kantor Desa Tanjung Raman Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Kepala Desa (Kades) Tanjung Raman, Suranto mengakui memang ada kesalahan terhadap pengelolaan penyertaan modal desa desa ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kades Tanjung Raman, Suranto kepada awak media, dan dirinya menyatakan masalah BUMDes Tanjung Raman siap dipertanggungjawabkan.

“Soal BUMDes, kami sudah diperiksa Inspektorat BU dan kami akui ada kesalahan dan siapmempertanggungjawabkannya,” kata Suranto.

Ia menambahkan bahwa penyertaan modal BUMDes dari dana desa ini digunakan untuk pengadaan lahan, pengembangbiakan sapi hingga simpan pinjam. Semuanya sudah berjalan, hanya saja hasilnya belum ada.

“Kegiatannya berjalan, lahan sendiri ada dan pengembangbiakan sapi ada. Namun karena ada kesalahan, jadi belum memberikan hasil yang positif buat desa,” ujarnya.

Namun, saat ditanya mengenai penyertaan modal ke BUMDEs tahun 2018 sebesar Rp 55 juta yang tidak disetorkan desa ke rekening BUMDes, dan persoalan desa simpan pinjam yang dipinjamnya sebesar Rp 9,5 juta belum dikembalikannya.

serta seperti apa pengembangbiakan sapi yang hingga saat ini tidak jelas, karena dikelola oleh dirinya sendiri bukan pihak BUMDes desa.

Suranto pun hanya diam dan mengaku semua ini sudah diserahkan oleh pihak Insoektorat BU.”Soal itu semua sudah saya sampaikan ke pihak Inspektorat, dan saya siap mempertanggungjawabkannya, dan akan meluruskan masalah ini di desa. Saya harap, masalah ini dapat segera selesai,” tukasnya.(127)