Kades Diminta Sisihkan Dana Pemberdayaan

Saya akan sampaikan hal ini nantinya dengan Kades, saya harapkan hal ini menjadi pemikiran mereka saat menyusun APBDes,” jelasnya. (618)
Saya akan sampaikan hal ini nantinya dengan Kades, saya harapkan hal ini menjadi pemikiran mereka saat menyusun APBDes,” jelasnya. (618)

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kaur, H Asmawi MH, mengimbau sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Kaur agar dapat menyisihkan alokasi dana untuk pemberdayaan. Menurutnya dengan adanya pagu dana dari Dana Desa (DD) maka bisa dilakukan pelatihan kepada sejumlah warga baik dari ibu rumah tangga (IRT) hingga pemuda untuk diberikan pelatihan sehingga membuka lapangan pekerjaan di Kabupaten Kaur.

“Pembangunannya jangan hanya infrastruktur saja, tapi juga pelatihan penting dilakukan oleh desa,” kata Asmawi beberapa hari lalu.
Menurutnya, saat ini banyak pemuda dan IRT yang ada di desa-desa yang tak punya pekerjaan, akibatnya tak jarang sejumlah keluarga banyak mengeluhkan terkait dengan kebutuhan rumah tangga. Maka dengan adanya pemberdayaan dan diberikan alokasi dana sehingga nantinya mereka diberikan pelatihan.

“Misalnya pelatihan membuat kerajinan tangan, masak kue kering, atau mungkin pelatihan menjahit, sehingga mereka ada keterampilan khusus untuk kalangan IRT, atau juga pelatihan perbengkelan untuk pemuda,” katanya.
Mantan Kadishub ini juga mengaku tak cukup dana untuk memberikan pelatihan tersebut, solusinya dengan adanya DD bisa dituangkan dari penyusunan kebutuhan desa dari jauh hari. Sehingga kegiatan seperti itu dapat pula di kembangkan dan diterapkan di desa-desa dengan menggunakan DD.

“Saya akan sampaikan hal ini nantinya dengan Kades, saya harapkan hal ini menjadi pemikiran mereka saat menyusun APBDes,” jelasnya. (618)