Kades Diminta Sampaikan Laporan APBDes 2015

Pelantikan Kades oleh penjabat Bupati Seluma 1

TAIS, BE – Meskipun tahun anggaran 2015 sudah berakhir dan sudah memasuki anggaran tahun 2016. Namun, Pemerintah Desa belum juga melaporkan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk tahun 2015. Tetapi, meskipun belum memberikan laporan, justru sudah ada Kades yang menanyakan besaran APBDes untuk tahun 2016 ke Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KB (BPMD dan KB).

“Sampai saat ini kepala desa belum juga menyerahkan laporan realisasi APBDesa, tapi justru beberapa hari kemarin sudah ada desa yang menanyakan berapa besaran APBDes untuk tahun ini,” tegas Kabid Pemerintahan Desa BPMD dan KB, Johan Effendi SSos, kemarin siang.

Diharapkan, Pemerintah Desa segera menyampaikan laporan APBDes untuk tahun 2015, karena sebentar lagi seluruh desa juga harus menyusun APBDes untuk tahun 2016. Sebab, sebentar lagi Penjabat Bupati Seluma akan menetapkan besaran DD dan ADD yang akan dimasukkan dalam APBDes untuk tahun 2016. Selain itu, Kabid Pemerintahan Desa mengatakan, untuk tahun 2015 ini Pemerintah desa harus membahas APBDes bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Karena untuk tahun 2015 banyak BPD yang tidak mengetahui soal APBDes.

“Jangan sampai kesalahan di tahun 2015 kembali terulang, karena justru masih banyak BPD yang tidak mengetahui soal APBDes. Kemudian tidak mengetahui program apa yang dikerjakan. Kalau sampai BPD tidak mengetahui, jadi semuanya diragukan apakah dibahas bersama-sama atau tidak,” ujar Johan.(333)