Kades Diimbau Serahkan Laporan DD

Camat Pondok Kubang, Zainal Abidin SIP

PONDOK KUBANG, Bengkulu Ekspress – Camat Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Zainal Abidin SIP mengimbau seluruh Kepala Desa (Kades) untuk segera menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana desa (DD) tahun 2019.

Sebab, laporan realisasi merupakan salah satu syarat agar DD tahun 2020 bisa disalurkan ke rekening desa.”Kami sudah mengirimkan surat kepada seluruh Kades agar segera mengirimkan laporan penggunaan DD tahun lalu,” ungkap Zainal.

Dari 12 desa wilayah Kecamatan Pondok Kelapa, sambungnya, baru 5 desa yang telah menyerahkan laporan. Sedangkan sisanya masih masih dalam proses penyusunan berkas laporan.

“Target saya, minggu depan semua desa sudah menyerahkan laporan,” tambahnya.

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi), Zainal mengaku, Pemerintah Kecamatan diberikan kewenangan untuk mengeluarkan rekomendasi kepada DPMD Benteng untuk memeriksa ulang kelengkapan berkas yang disampaikan desa.

“Kami juga akan cek laporan pembayaran pajak dan kesesuaian dengan penggunaan anggaran dan laporan,” terang Zainal.

Berpedoman dengan tahun lalu, Zainal mengatakan, penyaluran DD tahap I dilakukan sekitar bulan Mei.”Setelah laporan disampaika, masing-masing desa diminta segera menyusun dokumen APBDes tahun 2020. Imbauan kami, APBDes juga disiapkan porsi untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, yaitu 30 persen dari total DD,” pungkasnya.(135)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*