Kades dan Perangkat Desa Kemang Manis BS Bimtek ke Jakarta

SAMBANGI: Warga Desa Kemang Manis, Pino Raya saat menyambangi DPRD BS, Senin (15/3).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Disaat sedang pandemi Covid-19, ternyata masih ada warga yang keluar daerah. Bahkan tujuannya ke Ibukota Jakarta. Seperti yang dilakukan pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa Kemang Manis, Pino Raya bersama perangkatnya dan anggota Badan Perwakilan Desa (BPD). Hal ini telah membuat resah warga setempat.

Nobi dan Tamrin, perwakilan warga Desa Kemang Manis saat ditemui di DPRD BS mengatakan kades dan perangkat desanya itu menggelar bimbingan teknis (Bimtek) ke Jakarta.

“Infonya ke Jakarta, tapi untuk pastinya kami tidak tahu,” kata Nobi.

Dikatakan Nobi, rombongan Kades Bimtek mulai berangkat Minggu (14/3) dengan transportasi udara. Hanya saja, akibat kepergian Kades dan perangkatnya ini, dirinya khawatir kegiatan di desa terganggu. Terlebih lagi mereka pergi ke Jakarta, dikhawatirkan membawa virus Covid-19.

“Memang masih ada staf, jadi mereka tidak bisa.membuat kebijakan, lagian kami khawatir saat pulang nanti mereka membawa virus Covid-19,” ujar Nobi diamini Tamrin.

Anggota komisi 3 DPRD BS, Alian sangat menyayangkan, di masa pandemi Covid-19, masih ada Kades dan perangkatnya yang ke luar daerah. Seharusnya, kalau mau Bimtek ke luar daerah menunggu virus covid,-19 berkurang terlebih dahulu.

“Memang tidak salah menggelar Bimtek, tapi waktunya belum tepat,” ujarnya.

Terlebih lagi, saat ini sedang prihatin dengan kondisi Covid-19, sehingga banyak terjadi pemangkasan anggaran. Sehingga sebaiknya, dana tersebut untuk kebutuhan yang lebih prioritas seperti untuk bantuan langsung tunai (BLT).

“Ini contoh yang kurang baik, saat pulang nanti wajib di swab dahulu, sebab mereka dari Jakarta, kalau ada yang positif wajib isolasi mandiri selam 14 hari,” imbuhnya.

Pjs Kades Kemang Manis, Frans membenarkan, jika dirinya dan perangkat desanya bersama BPD menggelar bimtek ke Jakarta. Dikatakannya, Bimtek tersebut sejak 14 Maret hingga 18 Maret untuk peningkatan kinerja perangkat desa. Adapun anggarannya sudah dimasukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Kemang Manis tahun 2021. “Kami Bimtek ke Jakarta untuk peningkatan kinerja perangkat desa,” katanya.

Selain itu, sambung Frans, sebelum berangkat Bimtek, dirinya sudah berkoordinasi dengan dinas pemberdayaan masyarakat desa (PMD) dan Camat Kecamatan Pino Raya. Bahkan keberangkatan Bimtek tersebut atas restu Kadis PMD dan Camat Pino Raya.

“Keberangkatan kami Bimtek disetujui Camat dan Kadis PMD,” ujarnya.

Camat Kecamatan Pino Raya, Hendri Farizal SE mengakui telah mengeluarkan surat persetujuan Bimtek Kades Kemang Manis dan perangkatnya. Dirinya mengaku selama tujuan Bimtek baik dan tidak melanggar aturan, dirinya tidak akan menghalanginya.

“Selama tujuan bimtek untuk peningkatan kinerja aparatur desa, tentu saya setujui,” ujarnya.

Terkait dengan pandemi Covid-19, Hendry mengaku mereka di tes Covid-19. Sehingga ketahuan apakah terpapar atau tidak. Dirinya mengaku Bimtek merupakan salah satu cara peningkatan pemerintahan desa dan BPD, untuk meningkatkan pelyanan pemerintah dan BPD dalam melayani masyarakat. Selain itu, sesuai peraturan pemerintah, peraturan menteri serta undang undang yang ada.

“Semoga dengan Bimtek ini, kinerja mereka semakin meningkat dan pelayanan kepada masyarakat semakin baik,” terang Hendri. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*