Kades dan BPD Harus Akur

Bupati Lantik
Doni/Bengkulu Ekspress
LANTIK: Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid saat melantik Kades Batu Belarik serta BPD 18 Desa di Kabupaten Kepahiang.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Kepala desa (Kades) dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Kepahiang harus akur.  Sehingga seluruh program kerja pembangunan di desa yang sudah direncanakan sebelumnya bisa berjalan dengan baik, tanpa ada keributan antara kedua belah pihaknya.  Pesan tersebut disampaikan Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid saat melantik BPD 18 Desa dan Kades Batu Belarik, kemarin (26/9).

“Jangan saling menekan satu sama lain, harus akur jalankan tugas dan fungsi masing-masing sesuai dengan aturan. Hingga tidak ada keributan antara BPD dan Kades dalam mengelola Dana Desa (DD),” kata Bupati.

Menurutnya, DD yang digelontorkan pemerintah pusat setiap tahunnya selalu meningkat. Sebab pemerintah mendorong laju pembangunan infrastruktur dan ekonomi masyarakat di pedesaan berjalan secara cepat. Agar lonjakan ekonomi rakyat dapat tumbuh dengan baik diseluruh daerah, hingga bisa tercipta keadilan sosial. “Maka dari itu Kades dan BPD harus dapat mendorong pertumbuhan ekonomi itu dengan mengendakan program BUMDes, atau produk unggulan dan unggulan kawasan desa. Supaya warga sekita dapat terlibat langsung dalam pelaksanaan pembangunan,” ucapnya.



Ia mengharapkan, seluruh desa di Kabupaten Kepahiang bisa menjalankan amanat pemerintah pusat untuk mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi. Melalui DD dengan mengedepan pengelolaan produk unggulan desa dan kawasan unggulan sehingga bisa menjadi sumber pendapatan bagi warga serta pemerintah desa sendiri. (320)