K2 Minta Diangkat PNS Jalur Khusus

SAMBANGI,: Puluhan Honorer K2 BS saat menyambangi DPRD BS, Senin (26/4).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Para honorer kategori dua (K2) Bengkulu Selatan (BS) tidak pernah berhenti perjuangannya agar bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Senin (26/4), mereka kembali mendatangi DPRD BS. Mereka berharap dukungan DPRD BS terhadap perjuangan mereka.

“Kami sangat berharap diangkat PNS, kami minta dukungan DPRD BS,” kata Nazirwanto, ketua forum honorer K2 BS atau yang saat ini disebut dengan istilah ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Honorer Nasional (AHN) BS saat ditemui usai hearing dengan DPRD BS di sekretariat DPRD BS, Senin (26/4).

Dikatakan Nazirwan, sebelumnya, jumlah AHN BS ada 181 orang. Hanya karena karena ada sebagian yang sudah lulus PNS, ada yang meninggal bahkan ada juga yang alih profesi atau berhenti, sehingga saat ini sisanya ada 88 orang lagi. Para AHN ini sudah minimal 15 tahun mengabdi, bahkan dirinya sudah mengabdi sejak tahun 1999 lalu di Dinas PUPR atau sudah mengabdi 22 tahun.

“Kalau ikut tes, saya yakin kami tidak akan lulus, sebab usia kami sudah rata-rata 45 tahun ke atas, saya saja sudah hampir 50 tahun, jadi kami harap bisa diangkat PNS jalur khusus atau tanpa tes,” harapnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) BS, H Minarman SH mengaku pihaknya mendukung perjuangan para honorer K2 atau AHN ini agar bisa diangkat menjadi PNS. Hanya saja saat ini belum ada formasi pengangkatan PNS dari K2. Yang ada hanya pengangkatan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kontrak (P3K) dan itu pun masih melalui tes. Sehingga, dirinya mengaku akan berkoordinasi ke pemerintah pusat terkait harapan K2 BS.

“Kami akan dukung, jika ada peluang pengangkatan PNS jalur khusus segera kami beritahukan,” terangnya.

Ketua DPRD BS, Barli Halim SE mengaku ikut prihatin dengan nasib yang dialami K2 BS. Sebab mereka tersebut sudah lama mengabdi di BS baik sebagai tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga di organisasi pemerintahan daerah (OPD) lainnya. Dirinya juga mengaku siap membantu perjuangan para honorer K2 inj, hingga mereka bisa menjadi PNS.

“Kita ikut prihatin dengan kondisi K2 BS ini, kami juga akan perjuangkan,agar mereka bisa jadi PNS,” terang Barli. (369)