Juventus Tekuk Fiorentina 2-0

juve2Tiga poin dikantongi Juventus dari pertandingan melawan Fiorentina dalam lanjutan Seri A. Bianconeri mengalahkan lawannya itu dengan skor 2-0 berkat gol Mirko Vucinic dan Alessandro Matri.

Saat tampil di Juventus Stadium, Minggu (10/2/2013) dinihari WIB, Juve kembali diperkuat Claudio Marchisio yang sudah pulih dari cedera. Tapi, pelatih Antonio Conte masih menjalani hukuman dan tidak duduk di bangku cadangan.

Dua gol Juve pada laga ini tercipta di babak pertama. Gol pertama diciptakan Vucinic lewat tendangan voli, sementara yang kedua tercipta atas nama Matri.

Dengan kemenangan ini, Juve kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 55 poin dari 24 partai, unggul enam poin atas Napoli yang menempati urutan kedua. Fiorentina duduk di posisi keenam dengan 39 poin.

Juve menebar ancaman pada menit kesepuluh melalui percobaan Marchisio. Namun, tendangan Marchisio dari depan kotak penalti masih melenceng.

Fiorentina membalas lewat percobaan Juan Cuadrado di menit ke-13. Tapi, tendangan jarak jauhnya bisa diamankan oleh kiper Gianluigi Buffon.

Semenit kemudian, Juve kembali mendapatkan peluang. Umpan Andrea Pirlo ke kotak penalti diteruskan Vucinic dengan tembakan ke arah gawang, tapi bisa dihalau oleh Emiliano Viviano.

Tim tamu meresponsnya dengan peluang yang diperoleh oleh Stevan Jovetic. Gawang Juve masih selamat karena tendangan Jovetic dari dalam kotak penalti bisa digagalkan Buffon.

Viviano membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-18. Dia mementahkan sepakan keras yang dilepaskan Stephan Lichtsteiner dari jarak jauh.

Kebuntuan terpecahkan dua menit kemudian setelah Juve mencetak gol lewat kaki Vucinic. Mendapatkan bola liar di luar kotak penalti, pemain berpaspor Montenegro itu sekali mengontrol bola sebelum melepaskan tendangan voli yang tak bisa dijangkau Viviano.

Memasuki menit ke-32, Vucinic menyia-nyiakan peluang emas yang dia peroleh. Setelah berhasil mencuri bola dari bek lawan, dia menusuk ke kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Viviano. Tapi, penyelesaiannya malah mengenai badan si kiper.

Juve mencetak gol keduanya pada menit ke-41. Berawal dari aksi Arturo Vidal di depan kotak penalti Fiorentina, bola kemudian diberikan kepada Matri yang tak terkawal. Matri langsung menyambar si kulit bundar dengan tembakan yang menjebol gawang tim tamu.

Tiga menit setelah babak kedua dimulai, Vidal nyaris membawa Juve unggul 3-0. Mendapatkan umpan dari Paolo De Ceglie, dia melepaskan tembakan kaki kiri, tapi bola melayang di atas mistar.

Matri juga tak bisa memanfaatkan peluang yang dia dapatkan pada menit ke-67. Sepakannya meneruskan operan Lichtsteiner masih melenceng.

Usaha Fiorentina memperkecil ketertinggalan pada menit ke-72 belum membuahkan hasil. Sepakan Romulo dari luar kotak penalti bisa ditangkap oleh Buffon.

Viviano kembali membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-77. Dia menjatuhkan diri untuk menepis tendangan terukur yang dilepaskan Sebastian Giovinco.

Hingga peluit panjang berbunyi, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 2-0 untuk kemenangan Juve.(**)

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Barzagli, Marrone, Peluso; Lichtsteiner, Vidal, Pirlo, Marchisio, De Ceglie (Caceres 60′); Vucinic (Giovinco 62′), Matri (Pogba 76′)

Fiorentina: Viviano; Roncaglia, Rodriguez, Savic (Tomovic 46′); Cuadrado, Romulo, Pizarro, Borja Valero, Pasqual; Jovetic (Ljajic 74′), Toni (El Hamdaoui 57′)