Jumlah PPK Bertambah

Foto : Sekretaris KPU Kabupaten Benteng, Raja Sahnan SP MM

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Masa tugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pemilihan umum (Pemilu) 2019 berakhir bulan Juni ini. Sebab itulah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) bakal melakukan seleksi PPK untuk menghadapi pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2020 mendatang. “Bulan Agustus 2019 tahapan Pilgub sudah dimulai. Termasuk diantaranya adalah seleksi PPK,” kata Sekretaris KPU Kabupaten Benteng, Raja Sahnan SP MM, kemarin (10/6).

Diungkapkan Raja, terdapat perubahan jumlah anggota PPK di Kabupaten Benteng pada pemilu 2020. Jika sebelumnya KPU Kabupaten Benteng hanya merekrut sebanyak 50 orang PPK untuk 10 kecamatan se-Kabupaten Benteng. Penambahan Kecamatan Semidang Lagan dipastikan akan membuat jumlah PPK bertambah.

“Saat perekrutan PPK pemilu 2019 lalu, Kecamatan Semidang Lagan belum resmi berdiri. Karena nomor register kecamatan baru di Kabupaten Benteng sudah keluar, maka rekrut PPK akan dilakukan untuk 11 kecamatan. Dengan demikian, KPU Kabupaten Benteng akan merekrut sebanyak 55 orang anggota PPK,” jelas Raja.

Lebih lanjut, Raja menyampaikan, PPK merupakan penyelenggara pemilu yang memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mensukseskan semua tahapan pemilu di kecamatan.  Meskipun belum diketahui secara pasti tahapan rekrut PPK, Raja menegaskan bahwa seleksi akan berlangsung secara transparan dan sesuai dengan ketentuan. “Seleksi akan dilakukan secara ketat. Mulai dari seleksi tertulis hingga tes wawancara. Sehingga anggota PPK yang terpilih bisa mengemban tugas sesuai dengan harapan,” demikian Raja.(135)