Jumlah Penderita HIV Bertambah

foto : ist

TAIS,Bengkulu Ekspress – Jumlah penderita HIV/AIDS terus bertambah di Kabupaten Seluma. Sampai saat ini total penderita yang sudah terdata Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, sebanyak 92 orang. Kemudian, ada tambahan pada 2019 ini sebanyak 2 orang. Dari jumlah tersebut penderita yang sudah meninggal dunia sebanyak 30 orang.  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Sawaludin SSos didampingi Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), serta Kasi Pengendalian Penyakit Fachrozan SKM membenarkan mengenai hal ini.

Menurutnya, untuk tambahan warga yang terjangkit HIV sebanyak dua orang dari wilayah Kecamatan Sukaraja. Saat ini sudah dalam pengawasan Dinas Kesehatan Seluma, serta diberikan obat-obatan secara rutin untuk menjaga kekebalan tubuh kedua warga ini. Karena, HIV/AIDS menyerang kekebatalan tubuh. Serta merusak imunitas seseorang.

“Ada tambahan warga sebanyak dua orang. Yakni suami isteri dari Kecamatan Sukaraja yang terjangkit HIV/AIDS. Sehingga total sampai sekarang sudah sebanyak 92 orang yang terkena HIV/AIDS. Kemudian sebanyak 30 orang diantaranya sudah meninggal dunia,” tegas Fachrozan.



Lebih lanjut, Fachrozan mengatakan, Dinas Kesehatan sendiri terus melakukan pendampingan kepada warga yang berpotensi terjangkit HIV/AIDS ini. Karena, sebelumnya ada keluarganya yang terjangkit HIV/AIDS sehingga juga berpotensi terjangkit.  Dinas Kesehatan Seluma, juga tetap melakukan antisipasi untuk memutuskan rantai penyebaran penyakit mematikan ini. Langkah yang dilakukan diantaranya, dengan mendata keluarga terdekat dari penderita HIV.AIDS yang paling berpotensi terjangkit penyakit serupa. Karena saat ini lebih dari 300 orang berpotensi mengalami penyakit yang sama. Mereka berada di lingkungan penderita tersebut.

“Kami tetap berusaha memutus rantai penyebaran penyakit ini,” katanya.

Dengan cara mendatangi warga yang sudah terkena penyakit. Kemudian memberikan pengobatan, serta menganjurkan agar hidup bersih, serta tidak lagi berinteraksi secara fisik langsung. Agar tidak menularkan penyakit. Termasuk keluarga yang ada di lingkungannya juga diberikan obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak terjangkit HIV/AIDS. Karena, penularan penyakit HIV/AIDS bukan hanya melalui hubungan seksual saja. Dinas Kesehatan tetap berharap agar jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Seluma, bisa menurun. (333)