Jumlah Pendaftar CPNS BU Menurun

Kasubid Perencanaan Pegawai dan Informasi Data Taufiq Nur Hidayat

ARGA MAKMUR, BE – Dihari ke-9 pasca dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021. Animo masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) mendaftar menjadi peserta tes CPNS dan PPPK mengalami penurunan cukup signifikan.

Hal tersebut diakui Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten BU Setyo Budi Raharjo, melalui Kasubid Perencanaan Pegawai dan Informasi Data Taufiq Nur Hidayat saat dikonfrimasi BE, Kamis (8/7)

“Ya, bila tahun 2019, di hari kesembilan sudah 1.953 pelamar yang submit. Sedangkan, 2021 ini, dihari ke-9 baru 520 pelamar yang submit. Ini menurun jauh bila dibandingkan tabun sebelumnya,” kata Taufieq.

Ditambahkanya, tidak diketahui penyebab penurunan partisipasi masyarakat dalam tes CPNS tahun ini. Padahal sebelumnya, diprediksi pendaftar CPNS dan PPPK di Bengkulu Utara bakal membludak. Sebab, 3 kabupaten tetangga, yakni Kabupaten Lebong, Rejang Lebong dan Mukomuko, tidak membuka perekrutan CPNS.

“Kita prediksi membludak, karena 3 kabupaten tetangga tidak melakukan perekrutan. Secara otomatis, pendaftar CPNS bakal bertambah, ternyata kebalikannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menuturkan, meski begitu, pendaftar masih berkemungkinan mengalami penambahan. Pasalnya, waktu pendaftaran tersisa relatif masih lama hingga 21 Juli 2021. Artinya masih ada 13 hari lagi waktu pendaftaran yang tersisa. Oleh karena itu, masih ada besar kemungkinan jumlah pendaftar CPNS bertambah lagi.

Untuk diketahui, data itu jumlah pelamar yang mendaftar pada hari ke-9 hingga pukul 15.00 WIB. Untuk pendaftar formasi CPNS, jumlah akun terbentuk 509 dengan pendaftaran final 125. Selanjutnya, untuk pendaftaran pada formasi PPPK Nonguru, jumlah akun terbentuk sebanyak 32 dan pendaftaran final baru 15. Untuk formasi PPPK Guru, jumlah akun terbentuk 523 dan pendaftaran finalnya 380. (127)

 







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*