Jumlah DPTb II Meningkat

ERICK/Bengkulu EkspresSERAHKAN : Komisioner KPU Lebong Ketika menyerahkan hasil rekapitulasi dan penetapan DPTb II, kemarin (20/3).

LEBONG, Bengkulu Ekspres– Dari hasil rapat pleno rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) II, didapat sebanyak 138 orang yang melakukan pengurusan untuk memilih di Kabupaten Lebong serta sebanyak 248 orang yang mengurus pindah atau keluar untuk memilih di Kabupaten Lebong, meningkat signifikan dari hasil DPTb I.

Dari total 138 orang yang melakukan pengurusan untuk memilih di Kabupaten Lebong pada tanggal 17 April 2019 mendatang, hampirdi seluruh Kecamatan (12 Kecamatan) yang ada di Kabupaten Lebong, terdiri dari 31 laki-laki dan 21 perempuan yang mengurus di daerah asal (A5). Sementara yang mengurus di daerah tujuan masing-masing sebanyak 45 orang laki-laki dan 41 orang Perempuan.

Sementara DPTb yang keluar dari Kabupaten Lebong sebanyak 248 orang terdiri dari 31 orang perempuan dan 79 laki-laki, dimana mereka langsung melakukan pengurusan di kabupaten Lebong. Sementara warga yang keluar dan melakukan pengurusan di daerah tujuan yaitu 77 orang laki-laki dan 61 perempuan.

Devisi Perencanaan Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, Yayan Hardian SIp mengatakan, bahwa dari hasil rapat pleno DPTb II, pihaknya mendapati penambahan jumlah yang masuk dari DPTb I yang dilakukan pada bulan Februari 2019 yang lalu secara signifikan.“Untuk DPTb yang masuk pada bulan Februari sebanyak 59 orang dan yang keluar sebanyak 123 orang,” jelasnya, kemarin (20/03).

Dengan dilaksanakannya DPTb II ini, pihaknya berharap merupakan DPTb yang terakhir. Hal ini dikarenakan, berdasarkan aturan yang ada saat ini bahwa pada pukul 16.00 WIB tanggal 17 Maret 2019. Pelayanan untuk mengurus dan mengeluarkan daftar A5 DPTb telah ditutup. “Akan tetapi saat ini pihaknya belum menerima apakah ada perkembangan aturan-aturan setelah pleno tingkat nasional,” ujar Yayan Hardian.(614)