Jumlah BUMDes Masih Minim

Tardi Setiawan
=foto: Tardi Setiawan==

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Kaur, masih masuk kategori minim. Pasalnya, dari 192 desa yang ada, baru 64 BUMDes yang terbentuk. Minimnya BUMDes ini, disebabkan masih minimnya kreativitas pemerintah desa.

“Ya sampai saat ini dari 192 desa itu baru 64 desa yang memiliki BUMDes, minimnya jumlah BUMDes ini menunjukan banyak desa yang kurang kreatif dalam mengali potensi desa masing-masing,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur Asmawi S Ag MH melalui Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Tardi Setiawan SSos, kemarin (4/9).

Dikatakan Tardi, prosedur pendirian BUMDes ini sebenarnya tidaklah sulit. Semua prosesnya dipermudah. Bahkan jika kekurangan modal, boleh diambil dari dana desa. Tapi tentunya diambil dari alokasi pemberdayaan. Juga menyikapi ini, pihaknya akan terus mendorong pemerintah desa untuk bisa menggali potensi desa setempat. Sebab, dengan adanya BUMDes ini bisa menghasilkan manfaat untuk desa.



“Kita akan terus gencar melakukan motivasi dan sosialiasi, agar terbentuk kemandirian desa, karena keberadaan BUMDes ini untuk mensejahterakan masyarakat,” terangnya.

Ditambahkannya, karena saat ini masih banyak desa yang belum membentuk BUMDes. Juga ini lantaran masih banyak kepala desa yang belum faham terkait program prioritas tersebut. Untuk itu bagi desa yang belum memiliki BUMDes segera membentuk, dan juga Kades berperan aktif dalam mengelola dan mengembangkan BUMDes tersebut.

“BUMDes ini sangat bergantung peran aktif kades, karenanya saya berharap Kades dapat mengoptimalkan keberadaan BUMDes,” jelasnya. (618)