Juara DFB Pokal, Bayern Muenchen Raih Treble Winner

bayern-vs-stuttgartBayern Muenchen berhasil menjuarai DFB Pokal seusai membungkan VfB Stuttgart 3-2 pada babak final yang digelar di Olympia Stadion, Berlin, Sabtu atau Minggu (2/6/2013) dini hari WIB. Die Roten pun sukses memenuhi ambisinya menjadi satu-satunya tim Jerman yang meraih treble winner. Sebelumnya, Arjen Robben dan kawan-kawan sukses menjuarai Bundesliga 1 dan Liga Champions.

Kedua tim sebetulnya bermain dalam tempo cepat sejak awal laga.  Gawang Bayern nyaris kebobolan pada menit ke-23. Beruntung kiper Bayern, Manuel Neuer, berhasil melakukan penyelamatan gemilang saat gawangnya diteror Georg Niedermeier.

Berselang beberapa menit kemudian, giliran Die Roten yang mengancam melalui aksi David Alaba. Pemain bernomor punggung 27 tersebut berhasil menembus kotak penalti lawan dan kemudian melepaskan tembakan keras. Sayang, bola tembakan Alaba masih bisa dimentahkan oleh kiper Sven Ulreich.

Bayern berusaha memegang kendali permainan. Arjen Robben dan kawan-kawan memeragakan umpan-umpan pendek yang cepat. Akhirnya, usaha mereka membuahkan hasil berkat gol yang diciptakan Thomas Mueller dari titik putih pada menit ke-37. Wasit Manuel Grafe langsung memberikan hadiah penalti kepada Bayern, setelah Philipp Lahm dilanggar oleh Traore saat melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Mueller yang maju sebagai algojo sukses menyarangkan bola ke sisi kanan gawang Stuttgart.

Meski unggul, Bayern tak mengendurkan serangannya. Mario Gomez memiliki peluang emas mencetak gol saat menguasai umpan dari Robben. Namun, bola tembakan Gomez masih bisa diblok oleh pemain lawan. Itu menjadi peluang terakhir bagi Bayern pada babak ini. Skor 1-0 untuk keunggulan Bayern bertahan hingga laga usai.

Gomez menjadi bintang lapangan pada babak kedua. Pemain gaek asal Jerman itu berhasil mencetak dua gol dalam tempo 15 menit. Gol pertama Gomez tercipta pada menit ke-48. Gol berawal dari penetrasi yang dilakukan Robben di sisi kiri pertahanan Stuttgart. Dengan cermat, pemain asal Belanda tersebut memberikan umpan kepada Lahm. Tanpa kesulitan, Lahm melepaskan umpan ke dalam kotak penalti yang kemudian langsung disambut Gomez dengan sepakan keras.

Gomez kembali mencetak gol pada menit ke-61. Prosesnya mirip dengan gol pertamanya. Dari sisi kiri pertahanan lawan, Mueller melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Gomez yang berada dalam kawalan ketat lawan, berhasil memotong bola dan gol.  Di pinggir lapangan, Pelatih Jupp Heynckes terlihat sangat gembira karena impiannya meraih treble winner hampir terwujud.

Heynckes pun terlihat begitu puas dengan penampilan Gomez. Namun, ia kemudian memasukkan Mario Mandzukic untuk menggantikan Gomez pada menit ke-62.

Pelatih Stuttgart, Bruno Labbadia, juga melakukan perubahan. Dia memasukkan Gotoku Sakai dan Shinji Okazaki. Labbadia melakukan keputusan yang tepat. Martin Harnik mencetak gol balasan seusai memanfaatkan umpan silang yang dilepaskan Sakai pada menit ke-71.

Gol ini memulihkan semangat juang pemain Stuttgart. Apalagi, Harnik kembali berhasil membobol gawang  Neuer hanya dalam tempo sembilan menit. Gol berawal dari tembakan keras yang dilepaskan Okazaki yang membentur tiang. Harnik kemudian menguasai bola dan melepaskan tembakan lagi. Namun, bola tembakannya sempat ditepis Neuer. Keberuntungan masih berpihak kepada Harnik. Pemain berusia 25 tahun tersebut kembali mendapatkan bola. Kali ini, tembakan yang dilepaskan Harnik bersarang ke pojok kanan bawah gawang Neuer.

Setelah itu, Bayern lebih banyak tertekan. Bahkan, beberapa kali gawang mereka terancam.

Heynckes langsung bertindak cepat. Dia memperkuat lini pertahanan timnya dengan memasukkan Anatoliy Tymoshchuk, untuk menggantikan Robben pada menit ke-83. Taktik Heynckes berhasil karena Bayern mampu menjaga keunggulannya hingga laga usai.

Susunan Pemain
Bayern Muenchen:
1-Manuel Neuer; 5-Daniel van Buyten, 17-Jerome Boateng, 21-Philipp Lahm, 27-David Alaba; 7-Franck Ribéry, 8-Javi Martínez, 10-Arjen Robben (Anatoliy Tymoshchuk 83), 25-Thomas Muller, 31-Bastian Schweinsteiger;  33-Mario Gomez (Mario Mandzukic 62)
Pelatih: Jupp Heynckes

VfB Stuttgart: 1-Sven Ulreich; 5-Serdar Tasci, 6-Georg Niedermeier, 21-Christian Molinaro (Gotoku Sakai 67), 24-Antonio Rüdiger; 7-Martin Harnik, 15-Arthur Boka, 16-Ibrahima Traore (Cacau 75), 20-Christian Gentner, 44-Alexandru Maxim (Shinji Okazaki 62); 9-Vedad Ibisevic
Pelatih: Bruno Labbadia