Juara 1 se-Provinsi Bengkulu

 Sally Monita

PRESTASI dara yang memiliki nama lengkap Sally Monita ini patut diacungi jempol, terutama di bidang mata pelajaran fisika.  Sejak masuk SMP, secara berturut tahun 2011 dan 2012, dirinya tidak pernah absen masuk 3 besar Olimpiade Sain Nasional (OSN) Bidang Fisika tingkat SMP Sekabupaten Lebong.

Tahun 2011 lalu, Sally yang saat ini masuk kelas IX di SMPN 1 Lebong Utara Kabupaten Lebong, berhasil meraih Juara I OSN Bidang Fisika tingkat SMP Sekabupaten Lebong. Kemudian tahun 2012 ini, dirinya juga berhasil meraih Juara II OSN Bidang Fisika tingkat SMP Sekabupaten Lebong. Bahkan, meskipun hanya menjadi nomor dua di tingkat kabupaten Sally berhasil meraih Juara 1 OSN Bidang Fisika tingkat SMP se-Provinsi Bengkulu.

“Meskipun akhirnya Sally harus kalah ditingkat nasional beberapa waktu lalu, tapi paling tidak sudah mengharumkan nama Kabupaten Lebong ditingkat provinsi dan nasional,” ungkap Kakak dari Dinda Nurpatihajanah ini.

Anak sulung dari pasangan Rodi Harsidik (38) dan Nurlelawati (40) warga Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong yang bercita-cita menjadi fisikawan ini juga memiliki berbagai prestasi lainnya sejak duduk dibangku sekolah dasar.

Diantaranya sebagai Pemegang Nilai Tertinggi Ujian Akhir Sekolah Bertstandar Nasional (UASBN) Tahun 2010 Seprovinsi Bengkulu. Kemudian tidak pernah absen juara satu selama SD, peringkat ke-22 lomba bahasa inggris tertulis 2009, antar pelajar mahasiswa Seindonesia, Juara III Kategori E kelas 5 – 6 Olimpiade Daerah Ke III Mental Aritmetika Adil Sempoa Mandiri (ASMA) Se-Provinsi Bengkulu tahun 2009 dan Juara I Olimpiade Daerah Ke-IV Mental Aritmetika Kategori : H (tingkat 6) tahun 2010.

Saat masuk SMP pun, tidak hanya prestasi di bidang fisika saja yang dia peroleh. Beberapa prestasi lainnya juga pernah diraihnya, seperti menjadi salah satu peserta Mathematics Championship XVI se-Sumatera tingkat SMP di Unib tahun 2012.

“Sekarangkan sudah mau masuk kelas VIII (kelas tiga SMP.red), jadi kecil kemungkinan bisa ikut lagi OSN Fisika tahun depan. Tapi tetap saja Sally punya keinginan bisa mewakili kabupaten maupun provinsi nantinya saat masuk SMA,” harap Sally.

Soal resep untuk bisa menjadi juara disebuah bidang pelajaran, menurut Sally tidak ada hal yang khusus. Paling utama hanyalah berusaha tetap tekun belajar disekolah maupun dirumah. Ditambah dengan banyak meluangkan waktu mengerjakan soal untuk menambah dan mengasah kemampuan dalam menyelesaikan soal pelajaran. “Tapi diluar itu, paling penting yang sangat berperan dalam meraih setiap prestasi adalah bimbingan dan motivasi dari orang tua Sally. Tanpa itu semua, rasanya tidak mungkin,” pungkas Sally.(777)