JPD Promosikan Wisata dan Gerakan Budaya

Bakti/Bengkulu Ekspress Gubernur Bengkulu, Dr drh H Rohidin Mersyah MMA didampingi Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman serta Wakil Bupati dan Wakil Walikota memukul dol saat pembukaan jambore pemuda daerah (JPD) di Kabupaten Benteng, Kamis (18/7).

BENTENG, Bengkulu Ekspress– Jambore Pemuda Daerah (JPD) Provinsi Bengkulu ke-XII tahun 2019 di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) resmi dibuka, Kamis (18/7) pagi. Kegiatan yang diikuti oleh pemuda-pemudi dari seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu ini akan berlangsung selama 4 (empat) hari di objek wisata Wahana Surya Desa Pasar Pedati Kecamatan, Pondok Kelapa pada tanggal 18-21 Juli 2019.

Gubernur Bengkulu, Dr drh H Rohidin Mersyah MMA usai upacara pembukaan JPD mengatakan, JPD merupakan salah satu momentum yang tepat untuk mengenalkan keragaman wisata yang ada di Provinsi Bengkulu.”JPD juga menjadi media promosi wisata. Para pemuda-pemudi perwakilan kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu bisa mengenal lebih luas potensi-potensi wisata yang ada di Bumi Rafflesia,” kata Gubernur.

Selain mampu mendorong sektor pariwisata menjadi berkembang, Gubernur menegaskan bahwa JPD bisa menjadi gerakan budaya. Hal ini terlihat jelas saat parade yang ditampilkan oleh masing-masing perwakilan dari berbagai kabupaten/kota. “Masing-masing daerah memiliki budaya yang berbeda-beda. Sebab itulah, JPD yang diselenggarakan setiap tahun bisa menjadi ajang gerakan budaya,” tambah Gubernur.

Di sisi lain, Gubernur menuturkan, JPD merupakan salah satu kegiatan berskala nasional yang dilaksanakan oleh seluruh provinsi. Pemuda-pemudi terbaik hasil seleksi JPD inilah yang nantinya akan dikirim ke jambore pemuda indonesia (JPI) di Manado, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Saya ingatkan kepada tim juri agar melakukan seleksi secara objektif dan terbuka. Sehingga, akan terjaring betul pemuda-pemudi yang berkualitas yang akan mewakili Provinsi Bengkulu ke kancah nasional. Pemuda saat ini adalah gambaran masa depan. Pemuda harus berkarakter, punya kemampuan serta daya saing yang baik untuk nyongsong masa depan daerah,” papar Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman SAg MM menuturkan, rangkaian seleksi telah dirancang sedemikian rupa dengan menggabungkan nilai-nilai kebudayaan, inovasi pemuda dan seni.

“Para peserta dipersilakan untuk berkreasi dan berinovasi pada berbagai kegiatan dan lomba yang disiapkan. Nantinya, akan dipilih 13 orang peserta terbaik untuk mengikuti JPI di Manado akhir tahun nanti,” kata Atisar.

Di sisi lain, Wakil Bupati (Wabup) Benteng, Septi Peryadi STP berharap agar JPD yang diselenggarakan di Bumi Maroba Kite Maju bisa menjadi ajang memperkuat tali silaturahmi antar pemuda dan pemudi dari berbagai daerah.
“Jadikan kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi, meningkatkan daya saing serta persatuan antar pemuda. Pemuda harus memiliki pemahaman yang baik dalam menerima perbedaan sebagai sebuah kekuatan,” demikian Septi.Pantauan Bengkulu Ekspress, upacara pembukaan JPD berlangsung sukses dan lancar.

Hadir diantaranya, Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman, pejabat di lingkungan Pemda Provinsi BengWakil Bupati, Danrem 041 Gamas, Wakil Bupati BU, Wakil Walikota Bengkulu, Kapolres BU, gerakan pramuka, Banzer, KNPI, PPMI dan OKP.(135)