Jorge Lorenzo Tidak Pakai Nomor 1

 
979696-jorge-lorenzoJUARA MotoGP 2012 Jorge Lorenzo Jum’at (25/1) berkunjung ke Jakarta.

Usai peluncuran resmi logo baru Yamaha Indonesia, Semakin Di Depan,

wartawan koran ini berkesempatan melakukan wawancara.

Berikut petikannya.

Selamat pagi, Jorge. Ini adalah kedatangan keenam Anda ke Indonesia. Apa yang membuat kunjungan ini lebih istimewa dibanding sebelumnya?
Ya, ini adalah kunjungan pertama kami sebagai sebuah tim baru. Kami memiliki Valentino (Valentino Rossi, red.) dalam tim setelah tahun 2010 lalu. Kami juga ingin menyapa para Yamaha fans dan menunjukkan kami siap menjadi yang terbaik.

Bagaimana Anda tahu mengenai banjir yang melanda Jakarta? Pada 18 Januari lalu anda men-tweet dukungan untuk korban banjir Jakarta.
Itu adalah kabar yang tersiar di seluruh dunia. Dari televisi kami mengetahui bagaimana Jakarta dan penduduknya terkena banjir. Terkadang di beberapa tempat kejadian kurang beruntung seperti itu terjadi. Saya berharap kondisi Jakarta akan secepatnya pulih.

Sekarang mari bicara tentang MotoGP musim 2013. Yakinkah Anda bahwa Yamaha M1 akan mengimbangi kecepatan Honda RC213V? Musim lalu Anda juara dunia lebih karena lebih konsisten tidak membuat kesalahan dibandingkan Dani Pedrosa. Saat itu motor Anda kalah dari pembalap Repsol Honda tersebut.

Ini sangat susah untuk diprediksi. Karena siapa pun tak akan tahu apa yang terjadi di masa depan. Namun kami melihat bahwa kami memiliki kesempatan. Yamaha adalah adalah brand yang kuat. Kami bekerja keras untuk mempersiapkan motor kami. Dan di Sepang, Malaysia dalam beberapa hari ke depan akan terlihat bagian baru motor tim serta bagaimana tingkat kekuatan, kestabilan dan catatan waktu terbaiknya.

 

Musim lalu Anda juara dunia dengan memenangi enam balapan. Pada 2010, Anda menang sembilan kali untuk juara dunia. Berapa kemenangan yang Anda bidik untuk mempertahankan gelar juara dunia tahun ini?
Anda tahu, saya pastinya menginginkan kemenangan di setiap balapan. Namun semua tahu hal itu akan sangat mustahil untuk dilakukan. Bahkan siapa tahu juga saya tak memenangi satu balapan pun.  Akan tetapi inilah tantangan. Musim ini ada beberapa pembalap yang sangat tangguh dan berkompetisi. Pedrosa (Dani Pedrosa, red.), saya, Valentino (Valentino Rossi, red.), dan Marquez (Marc Marquez, red.). Jadi, MotoGP selalu menyulitkan. Kita akan persiapkan Lorenzo”s Land  dan lihat berapa yang akan kita tandai.

 

Musim ini Anda akan kembali berduet dengan Valentino Rossi? Bagaimana perasaan Anda?
Ya, ini bagus karena membuat Yamaha semakin kuat dari tahun selanjutnya. Bagi Valentino ini juga satu hal yang positif karena dalam dua tahun terakhir, timnya tak sebagus yang diharapkannya. Sedangan untuk saya ini juga satu yang positif karena dengan pressure dan talenta yang dimilikinya akan meningkatkan level saya untuk lebih menekan lagi batasan yang saya miliki.

 

Siapa pesaing yang menurut Anda akan paling sulit ditaklukkan musim ini?
Semuanya. Semua pembalap bisa mengalahkan Anda ketika tak fokus. Saya tak bisa menentukan satu nama yang akan menjadi lawan terberat. Namun memang ada beberapa nama yang sudah saya sebutkan tadi adalah pembalap yang spesial. Valentino menginginkan tambahan gelar juara dunia. Dani dan Marquez juga sangat cepat.

 

Bagaimana model No. 1 yang akan Anda gunakan di motor Anda. Apakah sama dengan musim sebelumnya, yaitu inisial Anda, JL yang dimodifikasi jadi No 1?
Musim depan hampir 100 persen saya akan tetap mengenakan 99.

 

Anda akan memulai uji coba di Malaysia awal bulan depan, apakah akan berlibur dulu di Indonesia? Kalau iya, Anda memilih Bali atau kota lain?
Ya. Setelah beberapa hari untuk kepentingan Yamaha, sata akan pergi berlibur ke Bali. I love Bali. Di Bali saya mendapatkan banyak matahari, bermain golf, berbelanja, dan utamanya semua orang Indonesia yang saya jumpai bersikap sangat bersahabat. Saya juga pernah berselancar sekali. Namun saya tak terlalu bagus.

Bagaimana ombak di Bali. Apakah terlalu besar untuk Anda menjajal selancar?
Sebenarnya tidak terlalu tinggi. Tapi untuk seseorang seperti saya yang levelnya masih belajar, ombak di Kuta termasuk tinggi.

 

Apa pesan Anda untuk fans MotoGP di Indonesia?
Untuk para fans Indonesia saya mengucapkan terima kasih untuk sikap ramahnya. Baik di twitter, facebook, dan setiap kedatangan saya ke Indonesia mereka selalu menghormati saya. Saya juga tahu kalau MotoGP adalah sesuatu hal yang populer di negara ini. Jadi, saya yakin Yamaha Semakin Di Depan. (jp)