Jokowi-Ma’ruf Periksa Kesehatan Lebih 12 Jam

PILRES
ist/JPG
PILRES: Pasangan bakal capres dan cawapres, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin telah menjalani serangkaian tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (12/8)

JAKARTA,Bengkulu Ekspress– Pasangan bakal capres dan cawapres, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin telah menjalani serangkaian tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Keduanya tes kesehatan selama lebih dari 12 jam. Jokowi dan Ma’ruf keluar dari gedung Medical Check-up RSPAD, Minggu (12/8/2018) sekitar pukul 20.25 WIB. Mereka menjalani tes sejak pukul 08.00 WIB. Saat keluar, Jokowi menebar senyum usai tes kesehatan.

“Alhamdulillah, saya dengan Prof KH Ma’ruf Amin telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan. Kami InsyaAllah sehat semuanya. Karena kalau kita lihat beliau masih segar bugar. Saya masih segar bugar dari pagi sampai malam ini,” ujar Jokowi.

Hasil tes kesehatan akan diserahkan tim dokter gabungan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan RSPAD Gatot Subroto maksimal dua hari setelah pelaksanaan. KPU menggarisbawahi tes kesehatan ini bukanlah penentu lolos atau tidaknya bakal capres-cawapres. Hasil tes kesehatan berupa rekomendasi kondisi kesehatan capres-cawapres jika nantinya terpilih.

“Hasil pemeriksaannya memberi keterangan kesehatannya mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Sehat atau tidak sehat untuk menjalankan tugas-tugas sebagai presiden dan wakil presiden,” kata Ketua KPU Arief Budiman di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018).

Sedagkan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Dr Ilham Oetama Marsis mengatakan diperlukan kehati-hatian dan kesabaran dalam menjalankan pemeriksaan ini.  “Kesimpulan berupa calon mampu atau tidak mampu secara jasmani dan rohani, serta positif atau negatif penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya,” terangnya.

Berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang selanjutnya diatur dengan Peraturan KPU RI Nomor 22 tahun 2018 tentang Pencalonan Peserta Pilpres, maka hasil pemeriksaan, paling lambat harus disampaikan kepada KPU RI 2 (dua) hari setelah pemeriksaan selesai dlakukan.



“Namun tim tetap berkomitmen untuk sesegera mungkin menyerahkan kepada KPU setelah melalui rapat pleno tim. Diharapkan pemeriksaan dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat segera disampaikan oleh Tim kepada KPU,” ujarnya.

Setelah itu, lanjutnya, yang berhak mengumumkan lolos atau tidaknya bakal capres-cawapres dari pemeriksaan kesehatan ini adalah KPU. “Kami hanya menyampaikan rujukan atau rekomendasi. Selanjutnya kewenangan menyampaikan hasil dan keputusan menjadi kewenangan KPU Rl,” pungkasnya.

Komentar lainnya diutarakan oleh Sekjen IDI Adib Khumairi yang menegaskan bahwa hasil pemeriksaan di RSPAD adalah final dan mengikat. “Sehingga tidak dibutuhkan (rujukan) pembanding dari rumah sakit lain,” tegasnya. Hadir dalam jumpa pers ini, diantaranya Kepala RSPAD Gatot Subroto Dr Terawan Agus Putranto. Diketahui, bakal capres-cawapres Jokowi KH Ma’ruf Amin mendapat kesempatan pertama melakukan pemeriksaan di Minggu pagi.

Sementara itu, Kaesang Pangarep putra ketiga Jokowi dan Siti Haniatunnisa putri bungsu Ma’ruf Amin menemani sang Ayah. ”Kebetulan saya libur, Saya mengantarkan bapak ke sini, untuk memberikan support saya sebagai anak. Bapak di periksa sampai sore,” ujar Kaesang

Mengenai riwayat kesehatan kedua orang tua mereka, Kaesang dan Siti kompak menjawab, ”Bapak tidak memiliki riwayat kesehatan buruk, bapak untuk keseluruhan sehat, bapak rutin check up,” tutur mereka. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dijadwalkan diperiksa pada Senin (13/8/2018) pagi. (jpg)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*