Jokowi-Maaruf No 01, Prabowo-Sandi No 02

Foto : IST

JAKARTA,Bengkulu Ekspress– Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan calon nomor urut peserta Pemilihan Presiden tahun 2019. Hasilnya, Jokowi – Ma’ruf Amin mendapat nomor urut 01 dan Prabowo – Sandiaga nomor urut 02.

“Menetapkan nomor urut capres cawapres Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada nomor urut 1 dan Prabowo – Sandiaga pada nomor urut 2,” ucap Ketua KPU RI Arief Budiman dalam rapat pleno di kantornya, Jumat (21/9/2018) malam.

Proses pengundian nomor urut ini diawali dengan penentuan nomor urut terlebih dahulu. Sandiaga dan Ma’ruf yang didaulat mengambilnya. Pasangan Prabawo – Sandi mendapat giliran pertama untuk mengambil nomor urut peserta pilpres dilanjutkan dengan pasangan Jokowi – Ma’ruf.

Kemudian Prabowo maju mengambil nomor urut itu dilanjutkan dengan Jokowi. Setelah keduanya mengambil tabung yang berisi nomor urut, keduanya membuka secara bersamaan. Akhirnya terlihatlah Prabowo mendapat nomor urut 02 sedang Jokowi nomor urut 01.

Penetapan nomor urut ini dituangkan dalam keputusan KPU RI nomor 1142/PL.02.2-Kpt/06/KPU/IX/2018 tentang penetapan nomor urut pasangan calon peserta pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2019, tanggal 21 September 2018.

Dalam sambutannya, Jokowi bersyukur rapat pleno terbuka pengambilan dan penetapan pengundian nomor urut ini dapat berjalan secara lancar. Jokowi memaknai angka 01 yang menjadi nomor urutnya merupakan angka yang selalu diperebutkan oleh para peserta Pilpres 2019. “Satu memang yang diperebutkan adalah RI 1,” ucapnya.



Eks-Gubernur DKI Jakarta ini lalu mengajak semua pihak untuk mensukseskan gelaran Pemilu 2019 dengan memberi pendidikan politik yang baik terhadap seluruh masyarakat Indonesia. Sedangkan calon presiden Prabowo Subianto mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaksanakan gelaran Pemilihan Umum tahun 2019 dengan damai dan sejuk.

Ia juga meminta agar semua pihak selalu bersikap tenang, bersikap tidak emosional serta menahan diri dari upaya-upaya yang bisa mencederai pesta demokrasi lima tahunan itu. “Marilah kita menyongsong proses demokrasi ini dengan baik, dengan tenang. Kita berharap semua pihak melaksanakan tugasnya dengan sebaik baiknya demi kepentingan bangsa dan masa depan cucu cucu kita,” ucap Prabowo.

Adapun mantan danjen Kopassus itu bersama pasangannya Sandiaga Uno, mendapat nomor urut 02 sebagai peserta Pilpres 2019. Prabowo berterimakasih terhadap semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu ini. “Saya atas nama pribadi dan atas nama cawapres saya dan seluruh partai, relawan yang mendukung saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh komisioner KPU, Bawaslu DKPP atas semua penyelenggaraan untuk mempersiapkan dan melaksanakan Pemilu 2019,” pungkasnya. (jaa)