Jokowi Janji Kartu Sehat Keluar Tahun Ini

JAKARTA – Tahun 2012 tinggal tersisa 2,5 bulan. Dalam waktu yang singkat tersebut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi memastikan bahwa program kartu sehat bakal rampung tahun ini juga.
“Ini kartunya baru masuk desaign-nya. Ya, tahun ini harus sudah keuar, pokoknya semua bisa dipegang masyarakat. Karena kemarin waktu kita ke bawah minta semua, ini yang mau kita segerakan,” kata Jokowi saat ditemui di Balaikota DKI, Rabu (17/10).

Jokowi menambahkan, anggaran untuk merealisasikan program kartu sehat sudah ada. Menurutnya, anggaran kesehatan Rp700 miliar yang dimiliki pemprov sudah lebih dari cukup.

Ia menambahkan, program pendidikan gratis lewat kartu pintar juga ditargetkan selesai tahun ini. Sama seperti bidang kesehatan, nilai anggaran pendidikan yang ada sekarang juga dinilai cukup untuk merealisasikannya.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa pihaknya sudah memiliki data dari BPS untuk mendistribusikan kartu sehat maupun kartu pintar. Mantan Walikota Surakarta itu mengatakan, dirinya hanya tinggal memastikan bahwa program kartu sehat dan kartu pintar tepat sasaran dan bisa dimanfaatkan masyarakat Jakarta.

“Kita cuma membuat sistem supaya anggaran yang besar itu sampai ke masyarakat, bisa dimanfatakan masyarakat,” terangnya. (dil/jpnn)