Jokowi Buka Lomba Catur Penggali Kubur

JAKARTA – Para penggali kubur mendatangi Wisma Catur F. Sumanti KONI DKI Jakarta di Jalan Tanah Abang I, Jakarta Pusat, Jumat (2/11). Puluhan penggali kubur dari berbagai wilayah DKI Jakarta itu datang untuk memperebutkan gelar juara catur cepat antar Tempat Pemakaman Umum (TPU) se-DKI Jakarta.
Turnamen catur khusus untuk penggali kubur ini dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Kehadiran Jokowi dalam turnamen tersebut disambut meriah oleh para peserta turnamen yang kompak memakai baju warna merah.

Acara pembukaan turnamen ditandai dengan permainan catur antara Jokowi melawan Ketua PB Percasi, Hashim Djojohadikusumo. Jokowi menggerakan pion catur pertamanya saat melawan Hasim.

Turnamen catur yang digelar oleh Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) ini diikuti oleh peserta dari 46 TPU. Lomba catur dengan peserta yang ini ini memperebutkan piala Ketua PB Percasi, Hashim Djojohadikusumo.

Dalam sambutannya, Hashim menceritakan latar belakang penyelenggaraan turnamen catur antar penggali kubur di TPU ini. Hashim mengaku terkesan dengan dedikasi para penggali kubur terhadap pekerjaannya.

“Saya terkesan dengan pengalaman saya menyaksikan para penggali kubur di TPU Tanah Kusir, ketika berziarah ke makam ibu saya. Saya tergugah dan terinspirasi untuk mengusulkan pada PB Percasi untuk melaksanakan turnamen,” ungkap Hashim.

Ditemui usai membuka acara, Jokowi mengaku cukup handal bermain catur. Namun saat membuka acara, ia tidak melanjutkan permainan caturnya melawan Hashm hingga akhir dengan alasan takut kalah.

“Ya kita main satu langkah saja, nanti kalau diterusin saya kalah,” ujarnya sambil bercanda. Jokowi pun memuji para penggali kubur yang mengikuti turnamen catur cepat.

Menurutnya, para peserta banyak yang handal mengatur strategi dalam memainkan pion catur. “Ternyata pinter,” imbuh Jokowi. (dil/jpnn)