JK Pastikan KMP Bukan Penghalang

JAKARTA, BE – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) mengaku memahami kekhawatiran sejumlah pihak yang meyakini roda pemerintahan lima tahun ke depan tidak berjalan mulus karena dominasi Koalisi Merah Putih (KMP) di parlemen. Namun, kekhawatiran itu ditampik pasangan Joko Widodo tersebut.
JK justru optimistis bahwa pemerintahan ke depan mampu berjalan dengan baik. Pasalnya, kata dia, Indonesia menganut sistem presidensial, di mana Presiden pun memegang kuasa. Bukan sistem parlementer, yang sepenuhnya dikuasai wakil rakyat di parlemen.
“Gejolak politik dewasa ini banyak yang khawatir. Padahal tidak perlu dikhawatirkan. Kenapa negeri kita sistem presidensial. DPR tidak bisa jatuhkan pemerintah. Pemerintah tidak bisa bubarkan DPR. Jadi Koalisi Merah Putih itu tidak jadi penghalang,” tandas JK ketika menghadiri diskusi forum Pemred JPNN Group dan CEO Jawa Pos di Jakarta Selatan, Selasa, (14/10).
JK yakin bahwa DPR tidak akan melengserkan pemerintahan. Sebab, DPR punya tugas besar lain yang harus diselesaikan. Yakni membuat Undang-undang dan membahas anggaran negara. “Kami yakin akan lancar,” lanjutnya.
Namun ada kekhawatiran jika DPR akan menghalangi kinerja pemerintahan. Salah satunya dengan pembatasan anggaran. Tujuannya agar program-program strategis pemerintahan tidak berjalan.
Menanggapi itu, JK mengatakan bahwa kini pemerintah lebih berhak mengatur anggaran pembangunan. Pria kelahiran Makasar Sulawesi Selatan itu menjelaskan, dulu DPR berhak mengatur postur dan rincian anggaran program kegiatan. “Namun kini tidak. Sehingga pemerintah lebih kuat. Jadi jika bersama dan bersatu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” jelasnya. (jpnn)

  • maida olivia 17 Oktober 2014 at 23:49

    agan..agan…yang suka bermain poker dan domino QQ online , ayo buruan kunjungi website kami di http://www.jagadpoker.com , dan dapatkan bonus ratusan juta dengan cuma-cuma .. , oh ia gan…jangan lupa y bawa teman-teman anda gan..ada bonusnya juga loh.., lihat dari winloss teman maka akan kami bagikan 10% juga loh gan…jangan lupa gan banyak bonus lain yang menanti anda lah gan..buruan gabung bersama kami di http://www.jagadpoker.com. ..salam sejahtera y gan..by http://www.jagadpoker.com