Jerman Melaju ke Delapan Besar

Keberhasilan Jerman menundukkan Belanda, membuat tim Panser menjadi tim pertama yang mematikan diri melaju ke delapan besar.  Jerman saat ini mengoleksi point 6, hasil dua kemenangan atas Portugal dan Belanda. Satu tiket lagi dari Grup B masih akan diperebutkan oleh Denmark, Portugal dan Belanda.

Di atas kertas Belanda memang masih punya peluang untuk tetap lolos ke babak kedua dengan catatan menang melawan Portugal dalam pertandingan terakhir dengan selisih gol yang besar, sementara Jerman mengalahkan Denmark.  Namun secara praktis kemungkinan itu kecil mengingat Portugal akan berupaya untuk meraih kemenangan atas Belanda untuk merebut tempat kedua di Grup B dan lolos ke delapan besar.

Belanda dan Jerman tampak memulai pertandingan dengan berhati-hati dengan menata serangan dari lapangan tengah hingga ke depan.  Bagi Belanda kekalahan secara praktis akan menyingkirkan mereka dari Piala Eropa 2012 -walau di atas kertas masih punya peluang amat kecil- sementara kemenangan buat Jerman memastikan tempat di babak kedua.

Beberapa peluang Belanda awal di babak pertama tidak sampai membuahkan gol, termasuk ketika Van Persie menendang dari dalam kotak penalti namun tidak sampai membobol gawang yang dijaga Manuel Neuer.  Belanda lebih banyak menguasai bola pada menit-menit awal dengan serangan sebagian besar yang mengandalkan gerakan dan umpan dari Arjen Robben.  Jerman juga menciptakan beberapa peluang, antara lain tendangan Sami Khedira yang hanya mengenai tiang gawang.

 

Gomez Top Scorer

Dua gol kemenangan Jerman diciptakan lewat kaki Mario Gomez.  Dengan demikian, Mario Gomez membukukan 3 gol dan menempatkan sebagai salah satu top scorer dalam laga benua biru.  Satu gol lainnya menjadi gol kemenangan atas Portugal. Mario Gomez musim 2012, adalah bomber Bayern Muenchen mengkoleksi 26 gol,  kalah tiga gol dari Huntelaar dalam pacuan top skorer Bundesliga.
Namun, performa “Super Mario” –sebutan Gomez– justru lebih mengkilap dari tiga top skorer tiga liga top Eropa di grup neraka. Ketiga top skorer tersebut adalah Cristiano Ronaldo (Liga Spanyol), Robien van Persie (30 gol di Liga Inggris) dan Huntelaar (29 gol di Bundesliga).

Gol pertama Super Mario tercipta saat pertandingan telah berlangsung 24 menit. Mario Gomez yang memgambil umpan dari Bastian Schweinsteiger dan memutar badan sedikit sebelum menendang bola masuk ke dalam gawang yang dijaga Maarten Stekelenburg.  Beberapa pemain Belanda tampak mengangkat tangan dan mengira Gomez dalam posisi offside, namun hakim garis tidak mengangkat bendera.

Di menit 36 Jerman nyaris menambah angka kemenangan ketika Holger Badstuber menyundul bola dengan cepat ke arah gawang namun dengan cepat pula ditangkis oleh Stekelenburg.

Menit ke 37 Gomez melepas tembakan sambil berlari masuk dari sebelah kanan kotak penalti setelah menyambut umpan rapi dari Schweinsteiger. Tendangan lambung yang ke sudut gawang tidak terjangkau oleh Stekelenburg.  Serangan yang menciptakan gol ini berasal dari tendangan jauh kiper Neuer ke sayap kanan dan diambil Gomez yang mengoper ke Thomas Mueller dan meneruskan ke Schweinsteiger, yang mengembalikan bola kepada Gomez.

Memasuki babak kedua, manajer Belanda, Bert van Marwijk, menurunkan Rafael van der Vaart untuk menggantikan Mark van Bommel dan Klaas-Jan Huntelaar sebagai pengganti Ibrahim Afellay. Di menit 71, manajer Jerman, Joachim Loew, menarik Gomez dan menggantinya dengan Miroslav Klose.

Satu menit kemudian, Robin van Persie akhirnya memperkecil ketinggalan lewat tendangan kerasnya ke sudut gawang dan kiper Neuer tidak mampu menangkisnya.  Walau Belanda terus menyerang dengan beberapa beberapa peluang berbahaya namun tidak sampai menciptakan gol tambahan.(**)