Jepang Tanpa Kagawa, Ada Kiyotake

TIDAK ada nama Shinji Kagawa dalam skuad Jepang saat menghadapi Oman tadi malam. Bintang Manchester United itu absen karena masih dalam pemulihan cedera lutut kiri. Cedera yang dialami Kagawa diderita saat United menang 3-2 atas Sporting Braga di ajang Liga Champions bulan lalu (23/10).
Tanpa Kagawa, pelatih Jepang Alberto Zaccheroni kembali menjajal Hiroshi Kiyotake. Hasilnya, Kiyotake tampil menjanjikan sekaligus mencetak gol ke gawang Oman. Itu menjadi gol pertama Kiyotake dalam 12 penampilannya bersama Jepang.

Sebagai catatan, ketika Kagawa tiba-tiba cedera punggung hanya beberapa jam sebelum kickoff kontra Iraq di Saitama September lalu, Kiyotake juga ditunjuk sebagai pengganti.

Lantas, siapa sebenarnya Kiyotake – Pemain yang baru merayakan ultah ke-23 Senin lalu (12/11) itu bukan nama asing di negerinya. Kiyotake bahkan dianggap sebagai The Next Kagawa ketika direkrut FC Nuremberg awal musim ini, atau ketika Kagawa hengkang dari Bundesliga ke United.

Kiyotake menjadi kepercayaan Zaccheroni menggantikan tempat Kagawa bukan semata karena gaya permainan yang mirip. “Dia (Kiyotake) adalah pemain yang disiplin di lapangan dan itu sangat penting dalam gaya permainan kami,” kata Zaccheroni kepada Japan Times.

Bukti lain kedisplinan Kiyotake, dia adalah pemain Jepang di Eropa pertama yang bergabung dalam pemusatan latihan di Doha, Qatar. Kiyotake bergabung sejak Sabtu malam (10/11) disusul kiper Standard Liege Eiji Kawashima. “Siapapun pengganti Shinji (Kagawa) memiliki tugas yang tidak mudah dan Hiroshi telah melakukan pekerjaannya dengan baik,” kata bintang Jepang Keisuke Honda seusai laga tadi malam kepada Asahi Shimbun.¬†(dns/bas)