Jembatan TAP Rp 19 Miliar

duit
foto : ist

TANJUNG AGUNG PALIK, Bengkulu Ekspress– Anggaran untuk perbaikan jembatan Tanjung Agung Palik (TAP) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) diperkirakan mencapai Rp 19 Miliar. Kebutuhan tersebut sudah dianggarkan di tahun 2019 dan sudah masuk proses pelelangan.  Hal ini diungkapkan oleh PPTK Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Zakaria didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bengkulu Utara usai ikut meninjau Jembatan TAP bersama Menteri BUMN, kemarin (30/4).

“Ya rencana anggaran yang telah disiapkan sebesar Rp 19 Miliar. Saat ini sudah masuk proses pelelangan, kita berharap sebelum puasa nanti proses tersebut sudah selesai. Insha Allah pertengahan bulan puasa ini sudah titik nol-nya, ” kata Zakaria.

Ia menambahkan bahwa pembangunan kontruksi jembatan TAP nanti ini bertipe kelas A dengan bentang jalan 7 meter dengan lebar jembatan 9 meter (dua jalur) dan panjang 90 meter.”Pembangunan jembatan ini dengan kontruksi tipe kelas A dengan menggunakan rangka baja,” terangnya.

Pembangunan jembatan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan untuk saat ini kondisi jembatan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, apalagi dalam mengahadapi arus balik mudik lebaran, Zakarian mengungkapkan bahwa pihaknya untuk sementara ini akan melakukan perbaikan sementara.

“Ya terkait dengan hal tersebut kita akan melakukan perbaikan sementara dengan melakukan perbaikan jembatan bally yang sudah ada dengan memperpanjang kembali bally tersebut hingga ke belakang dan akan di aspal,” ungkapnya.

Lebih lanjut Zakaria menuturkan, untuk perbaikan sementara ini pihaknya sudah melakukan proses pekerjaan dimulai hari ini, sehingga di pertengahan bulan puasa nanti jembatan ini sudah bisa dilalui kendaraan roda empat. “Sekarang kita sedang proses tahap pekerjaan, dan saat ini kita proses membeli material bally-nya di Lampung. Jadi kita harap pertengahan bulan puasa ini sudah bisa dilalui kembali secara normal,” tukasnya.(127)