Jembatan Talang Durian Ambles

SEMIDANG ALAS, BE – Jembatan Talang Durian di Desa Talang Durian Kecamatan Semidang Alas (SA), Seluma sejak 2 hari lalu ambles. Bangunan jembatan dengan konstruksi lantai papan, memiki panjang bentang 12 meter tersebut mengalami patah pada saatu sudut pondasi. Akibatnya, jembatan menjadi miring dan menjadi tergantung hingga tak dapat dilewati kendaraan lagi.

Dampak kerusakan jembatan tersebut, akses masuk ke Desa Talang Durian dari desa lainnya menjadi putus. Hanya dengan menyeberang berjalan kaki, lalu kendaraan di tinggal di seberang jembatan kemudian naik kendaraan lain, demikian warga setempat baru bisa masuk ke Talang Durian. Demikian pula sebaliknya, untuk keluar dari Talang Durian. Namun, sejauh ini desa tersebut tak menjadi terisolasi total, karena masih ada jalur alternatif yang memutar yang masih bisa dilewati kendaraan, tapi kondisi jalan berlumpur.

Anggota DPRD Seluma, Drs Martadinata mengakui kondisi tersebut. Katanya, dirinya ikut menjadi korban dari rusaknya jembatan tersebut. Karena dia pribadi kini memiliki kebun singkong yang untuk mencapainya harus melewati jembatan tersebut. ”Jembatan rusak, saya juga ikut merasakan kesusahan masyarakat. Karena kebetulan saya mengola kebun singkong di sini,” katanya sambil menunjukkan jembatan tersebut. (**)