Jembatan PUT Dibangun

IST/Bengkulu EkspressPOLICE LINE : Kapolsek Talang Empat, Iptu Ahmad Khairuman SE saat memasang langsung police line di sekitar lokasi jembatan PUT yang terputus akibat bencana banjir, kemarin (17/5).

TALANG EMPAT, Bengkulu Ekspress – Kerusakan jembatan menuju Dusun III Desa Padang Ulak Tanjung (PUT) Kecamatan Talang Empat langsung direspon Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Jembatan semi permanen yang telah ambruk terseret arus akan diganti dengan yang lebih baik. Ditahun 2019 ini, Dinas PUPR Kabupaten Benteng akan menggelontorkan dana untuk membangun jembatan permanen sebagai pengganti jembatan yang terputus.

“Ditahun ini, jembatan di Desa PUT akan dibangun,” tegas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Benteng, Drs H Rachmat Rianto ST melalui Kabid Binamarga, Febbrian Fatahillah ST MT, kemarin (17/5).

Lebih lanjut, Febrian menuturkan, pembangunan dilakukan dengan menggunakan suntikan dana dari APBD Kabupaten Benteng tahun 2019.”Secara teknis, jembatan yang akan dibangun memiliki panjang 20 meter dan lebar 7 meter. Setelah proyek terkontrak, pembangunan jembatan akan langsung dimulai,” kata Febrian.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) PUT, Thamsil mengatakan, bahwa jembatan di Dusun III merupakan salah satu akses utama yang dimanfaatkan oleh 50 kepala keluarga (KK) untuk keluar dan masuk desa. Tanpa jembatan itu, kata Kades, warga terpaksa memanfaatkan jalan alternatif menuju arah Betungan, Kota Bengkulu.

“Warga tetap bisa keluar dan masuk desa. Hanya saja, membutuhkan jarak tempuh dengan waktu yang lebih lama. Kami harap, Pemda Benteng segera membangun jembatan darurat sementara jembatan permanen belum dibangun. Baik itu dengan menggunakan pohon kelapa ataupun yang lainnya,” pinta Kades.

Disisi lain, Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP Ariefaldi Warganegara SH SIK MM melalui Kapolsek Talang Empat, Iptu Ahmad Khairuman SE telah memasang garis polisi (police line) di sekitar lokasi bencana. Tujuannya, agar pengendara yang datang bisa mengurangi kecepatan dan tak mendekati jembatan yang rusak agar tak terjerumus kedalam aliran sungai.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat berkendara. Jembatan PUT tak bisa dilewati untuk sementara waktu,” demikian Kapolsek.(135)