Jembatan Nyaris Ambruk

PATAH  Kodisi jembatan menuju SMPN 01 Maje diduga besi rangka utamanya patah kemarin (411MAJE,BE- Jembatan menuju SMPN 01 Maje kondisinya saat ini semakin memprihatinkan. Pasalnya jembatan ini telah terlihat posisi lantainya sudah miring sebelah. Diduga rangka jembatan ini tidak lurus lagi. Akibat termakan waktu dan beban  melintas terlalu berat. Tidak sesuai dengan kemampuan jembatan menahan beban. “Sudah lama mas jembatan ini rusak dan sampai saat ini belum ada perbaikan dari pemerintah,” kata Iman (34) warga Merpas Kecamatan Nasal, kemarin.

Diduga kejadian itu erat kaitannya dengan aktivitas pengangkutan hasil kebun masyarakat di dekat lingkungan sekolah ini. Pihak sekolah meyikapi hal ini tidak diam. Sudah beberapa kali jajaran sekolah ini menegur kepada masyarakat agar tak melewati jembatan tersebut dengan berat melebihi tonase.

“Karena merusak jalan menuju sekolah bahkan dapat membuat jembatan rusak. Apalagi jembatan saat ini sudah memperhatinkan,” tambah Kepala SMPN 01 Maje Drs Edi Supriyatno  M TPd.

Edi mengatakan,  kondisi jembatan menuju sekolahnya sudah terlihat miring. Hal itu disebabkan akibat  truk sawit masuk ke arah sekolah ini dalam kondosi bermuatan banyak. Saat keluar karena tambahan beban maka kemampuan jembatan untuk menahannya tidak mampu lagi.  “Jika bukan oleh truk angkut buah sawit. Tidak mungkin lagi, sebab hanya kendaraan itulah yang berat menuju kearah  sekolah kami. Saya sudah menegur dengan masuk kelaurnya truk yang bermuatan berat memakai jalan ke arah sekolah,” jelasnya.(618)