Jembatan Kembang Seri Dibongkar

Bakti/Bengkulu Ekspress DIBONGKAR : Salah satu jembatan di ruas jalan nasional di Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat sengaja dibongkar, kemarin (9/5).

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress– Jembatan permanen di ruas jalan nasional tepatnya di perbatasan Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat dan Taba Terunjam Kecamatan Karang Tinggi dibongkar. Karena itu, lalu lintas dari arah Kota Bengkulu menuju Kabupaten Benteng yang melewati jalur tersebut terpaksa diberlakukan 1 (satu) jalur.

Pantauan Bengkulu Ekspress, pembongkaran jembatan sepanjang kurang lebih 50 meter tersebut sudah dilakukan sejak 3 (tiga) hari terakhir. Sebanyak 1 unit alat berat dikerahkan untuk mempercepat proses pembongkaran jembatan diatas air Sungai Bengkulu tersebut.

Sayangnya, meskipun pekerjaan sudah dimulai, pihak kontraktor pelaksana kegiatan diduga sengaja tak memasang papan merek. Bahkan, pembongkaran jembatan terkesan ditutupi lantaran semua sisi jalan sengaja ditutupi dengan seng yang membuat pengerjaan proyek menjadi tak terlihat secara jelas.

Pengawas proyek, Tama, ketika dikonfirmasi mengaku tak mengetahui secara jelas mengenai teknis kegiatan. Baik besaran anggaran yang digelontorkan hingga masa kontrak kerja. “Saya juga baru masuk hari ini (kemarin,red), belum tahu apa-apa,” kata Tama. Selain itu, pengawas juga enggan membeberkan alasan pembongkaran jembatan yang masih dalam kondisi baik tersebut.

Menurut dia, perbaikan jembatan sengaja dilakukan lantaran jembatan sudah berumur lebih dari 50 tahun. “Usia jembatan ini sudah di atas 50 tahun. Karena itulah, jembatan direhab dan dibangun lagi yang baru,” jelasnya. Sementara itu, Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP Ariefaldi Warganegara SH SIK MM melalui Kapolsek Talang Empat, Iptu Ahmad Khairuman SE mengimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa (Kades) untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pembangunan jembatan. Jika sebelumnya lalu lintas bisa dilakukan 2 jalur, selama perbaikan hanya diberlakukan 1 jalur,” demikian Kapolsek.(135)