Jembatan Karang Tingggi Diperbaiki

Kabid Binamarga., Febrian Fatahillah ST MT

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Kerusakan parah jembatan penghubung Desa Karang Tinggi menuju pusat perkantoran di Desa Renah Semanek, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akhirnya direspon.

Sejak sebulan lalu sulit dilalui, papan tebal lantai jembatan itu akhirnya diganti dengan yang baru.Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Benteng, Drs H Rachmat Rianto ST melalui Kabid Binamarga, Febrian Fatahillah ST MT menjelaskan, perbaikan jembatan sudah dilakukan sejak Minggu (22/7) lalu.

“Setiap tahun, lantai jembatan semi permanen di Desa Karang Tinggi memang selalu mengalami kerusakan dan menyulitkan pengguna jalan untuk melintas,” ungkap Febrian.



Menurutnya, kerusakan jembatan disebabkan berbagai faktor. Sebab, ruas jalan Karang Tinggi menuju Desa Pelajau memang merupakan akses yang ramai. Baik digunakan oleh masyarakat setempat, para pegawai negeri sipil (PNS), truk pengangkut material bangunan hingga truk bermuatan besar yang mengangkut hasil pertanian dan perkebunan.

“Kerusakan papan jembatan semakin cepat dikarenakan jembatan menjadi salah satu akses untuk mengangkut material bangunan. Terlebih lagi, saat ini Pemda Kabupaten Benteng tengah gencar melakukan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan pada kawasan perkantoran,” tandas Febrian.

Lebih lanjut, Febrian mengatakan bahwa pada tahun 2018 ini Dinas PU Kabupaten Benteng telah menyiapkan anggaran untuk menuntaskan pembangunan jembatan permanen di Desa Karang Tinggi.

Jembatan tersebut nantinya akan menjadi pengganti jembatan semi permanen yang setiap tahun mengalami kerusakan.”Karena anggaran terbatas, pembangunan jembatan permanen di Desa Karang Tinggi terpaksa dilakukan secara bertahap. Setelah menuntaskan pembangunan abodmen pada tahun 2017 lalu, jembatan permanen akan kami tuntaskan pada tahun 2018. Ini semua merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat,” pungkasnya.(135)