Jembatan Gunung Selan Segera Diperbaiki

YouTube video

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir H Mian memastikan jembatan di Desa Gunung Selan Kecamatan Arga Makmur yang merupakan poros utama antar Kabupaten Lebong ke Kabupaten BU, sudah bisa dilewati oleh pengendara secara maksimal sebelum hari raya Idul Fitri 1440 H. Hal ini disampaikan Mian saat meninjau jembatan tersebut, Rabu (29/5)

“Ini program Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, dimana jembatan Gunung Selan ini merupakan jalan provinsi, jembatan ini juga merupakan jalan poros utama koneksitas antar Kabupaten Lebong ke Bengkulu Utara dan yang paling penting lagi, ini mobilitas barang jasa hasil produksi perkebunan. Jadi, jembatan ini harus dilaksanakan sesegera mungkin,” kata Mian.

Bupati melanjutkan, di lokasi tersebut ada dua pabrik kelapa sawit, kalau jalan ini tidak segera diperbaiki maka akan berpengaruh pada ekonomi rakyat, terutama petani-petani perkebunan sawit. Karena pabrik-pabrik tidak bisa mengolah, CPO nya tidak bisa keluar kemudian posisinya kalau mereka langsung stop tidak terima buah yang berdampak petani.

“Jadi, ini sudah kita sampaikan kepada pihak PU Kabupaten Bengkulu Utara dan sudah kita rapatkan, jembatan ini harus diperbaiki sesegera mungkin, karena jika tidak secepatnya diperbaiki akan berdampak pada perekonimian masyarakat terutama para petani,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mian menyampaikan, bahwa ini merupakan prinsipnya Pemkab Bengkulu Utara, yakni mencari solusi, langsung action. Apabila menunggu dari provinsi atau pun pusat, prosesnya terbentur dengan regulasi, aturan-aturan. Sementara jembatan ini sangat emergency dan harus cepat dilakukan perbaikan.

“Inilah salah satu langkah cepat kita, dengan adanya Perda CSR kita bersama sama menyamakan prsepsi antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat harus bersinergi. Hari ini sudah mulai dikerjakan bronjong sehingga nanti tidak harus menunggu berlama-lama dari progresnya provinsi prinsip Bengkulu Utara mencari solusi langsung action,” ungkapnya.

Hal senada yang diungkapkan Kepala PUPR Bengkulu Utara Heru Susanto ST, bahwa untuk memperbaiki jembatan Gunung Selan, pihaknya mengajak beberapa perusahaan yang membutuhkan akses jalan jembatan ini untuk bergotong royong memberikan material-materil untuk membangun bronjong pada jembatan tersebut.”Ya hari ini kita sudah bisa membangun bronjong, yang merupakan hasil daru beberpa perusahaan yang ada,” terangya.

Heru mengungkapkan tindakan ini merupakan langkah cepat pihaknya untuk menaggulangi kerusakan jembatan yang terkena dampak banjir beberapa waktu lalu.”Perbaikan sementara jembatan Desa Gunung selan ini merupakan tindakan dan langka cepat pihaknya untuk menaggulangi kerusakan jembatan yang terkena dampak banjir beberapa waktu lalu, demi kenyamanan para pengendara kendaraan yang melewatinya,” tandasnya.

Jembatan TAP Belum Bisa Dilalui

Jembatan Tanjung Agung Palik Kecamatan Tanjung Agung Palik (TAP) Kabupaten Bengkulu Utara masih mengalami kerusakan akibat dihantam banjir beberapa waktu yang lalu. Tampaknya hingga arus mudik lebaran tiba jembatan tersebut masih belum bisa dilalui, terutama bagi kendaraan roda 4 dan 6.

Hal ini disampaikan Kepala PUPR, Heru Susanto ST mendapingi Bupati BU, Mian meninjau Jembatan Gunung Selan, Rabu (29/5). “Kemungkinan sangat kecil untuk jembatan tersebut dapat diperbaiki sebelum arus mudik lebaran, rangka bailey yang dibutuhkan hingga saat ini masih kosong,” kata Heru.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak PUPR Provinsi Bengkulu yang menjadi wewenang atas jembatan tersebut. Dimana hingga saat ini pihak Provinsi masih menunggu bantuan rangka bailey untuk perbaikan sekaligus memperpanjang ruas jembatan dan pada tahun ini juga akan dibangun jembatan baru di sebelah jembatan yang lama.

“Kita belum tahu pasti apakah Jembatan TAP bisa dilalui atau tidak, mudah-mudahan dalam 2 atau 3 hari ini ada info lebih lanjut dari provinsi tentang bailey,” ujarnya.

Lebih lanjut Heru menyampaikan, terkait dengan kondisi ini, maka para pengendara yang akan bermudik ke arah Kota Arga Makmur ataupun sebaliknya akan melalui jalur Lais dan diprediksi arus lalu lintas mudik lebaran tahun ini akan sangat padat karena jalur Lais merupakan satu-satunya penghubung Kota Arga Makmur-Bengkulu. “Maka demikian pihak kita akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk merekayasa lalu lintas saat arus mudik dan arus balik,” tandasnya.(127)