Jembatan Desa Merpas Kritis

KEPALA  Desa Merpas Kecamatan Nasal Darul Qhotni mengharapkan pihak Dinas PU Kaur  merehap jembatan sepanjang 15 meter Desa Merpas. Saat ini kondisi jembatan tersebut  dalam keadaan kritis. Jembatan menghubungkan sekolah dan desa tetangga yakni Desa Batu Lungun cukup berbahaya jika dilewati.  “Kita harapkan pemerintah memperhatikan kondisi jembatan tersebut, kita sudah  mengusulkan namun belum juga ada jawaban,” ujar kades Darul Qhotni.

Dikatakan Darul, jembatan itu sudah lama tidak diperbaiki sejak tahun 2001 yang lalu, walaupun diperbaiki hanya beberapa kali saat gotong royong masyarakat. Namun apa daya jika hanya ditempel dengan papan biasa, sehingga dalam waktu yang tidak lama jembatan rusak kembali.  “Jembatan itu salah satu jembatan antar desa, sehingga bukan hanya roda dua yang  melewati tersebut. Lantaran tiap hari dilawati saat ini kondisi papan bolong-bolong,”  jelasnya.

Darul menegaskan, pemerintah harus cepat tanggap untuk merehap jembatan tersebut, jika hanya mengandalkan masyarakat desa hanya sekedarnya. Karena biaya untuk perbaikan jembatan itu cukup besar.  “Kita minta solusi dari Pemkab kaur agar bisa ditanggapi keluhan warga tersebut,”  harapnya.

Kadis PU Kaur Jon Harimol SSos melalui Kabid Bina Marga M Edian ST mengatakan, untuk pembangunan jembatan yang ada di Kaur ini yang perlu mendapat perhatian serius. Namun semuanya masih dalam pengaggaran yang baik. Menngingat saat ini harus ditanngani serius. “Kita tetap memantau kondisi jembatan tersebut, mengingat dikaur ini ada 19 jembatan desa yang saat ini mulai dianggarkan, oleh karena itu jembatan itu akan kita bangun tahun depan,”pungkasnya.(823)